400 Penyandang Kusta di Sulsel Terima Bansos Tiap Tahun

Belum bisa menjangkau semua penderita kusta

Intinya Sih...

  • 400 penyandang kusta di Sulawesi Selatan menerima bansos dari pemerintah setiap tahun
  • Bansos untuk penyandang kusta berulang karena faktor berisiko sosial, namun belum bisa menjangkau semua penderita kusta di Sulsel
  • Bansos sebesar Rp150 ribu per bulan diserahkan setiap triwulan, diharapkan dapat mengurangi aktivitas keluar rumah bagi penderita kusta

Makassar, IDN Times - Sebanyak 400 penyandang kusta di Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. Bansos untuk penyandang kusta ini rutin disalurkan setiap tahun.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Sosial Sulsel, Abdul Malik Faisal, usai rapat koordinasi terkait hibah dan bansos di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (1/7/2024).

"Ada. Jadi memang penyakit kusta itu setiap tahun kita salurkan dan setiap tahun ada 400 penerima. Tahun ini juga ada 400," kata Malik.

1. Bansos diberikan berulang

400 Penyandang Kusta di Sulsel Terima Bansos Tiap Tahunumsu.co.id

Malik menjelaskan bansos untuk penyandang kusta ini berbeda dengan bansos lainnya. Jika penyaluran bansos lainnya hanya sekali dan tidak boleh berulang maka bansos untuk penyandang kusta berulang.

Dia menjelaskan pemberian bansos untuk penyandang kusta karena faktor berisiko sosial. Para penyandang kusta, kerapkali tidak diterima di masyarakat. Kalaupun diberikan modal usaha untuk berusaha, maka belum tentu masyarakat lain hendak membeli produknya.

"Kemudian, tidak ada yang mau mendekat ke mereka. Makanya dia berulang karena itu tadi ada aturannya. Boleh diberikan bansos kalau itu berisiko sosial," kata Malik.

2. Belum bisa menjangkau semua penyandang kusta

400 Penyandang Kusta di Sulsel Terima Bansos Tiap Tahunilustrasi tanda-tanda penderita kusta. pexels.com/NEOSiAM 2024+

Hanya saja, Malik mengakui bansos tersebut belum bisa menjangkau semua penyandang kusta di Sulsel. Dia menyebut jumlah penyandang kusta di Sulsel yang terdata sekitar 1.000 orang yang tersebar di 24 kabupaten dan kota.

Namun baru 400 orang saja yang bisa diberikan bantuan karena anggarannya yang sangat terbatas. Meski begitu, Malik menegaskan bahwa tahun depan pihaknya akan mengusulkan tambahan sehingga bisa menjangkau jadi 700 orang.

"Minimal di Makassar kita bisa kasih semua. Di Makassar 700 tapi cuma 400 yang bisa kita kasih," kata Malik.

Baca Juga: Penyelidikan Kasus Jemaah Haji Ilegal Asal Sulsel Belum Tuntas

3. Bansos yang diterima Rp150 ribu per bulan

400 Penyandang Kusta di Sulsel Terima Bansos Tiap Tahunfoto hanya ilustrasi (pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar)

Adapun bansos yang diterima penyandang kusta setiap bulan yaitu sebesar Rp150 ribu yang diserahkan setiap per triwulan. Anggaran untuk bansos ini berasal dari APBD Sulsel.

Dalam satu rumah, bansos bisa diberikan kepada lebih dari satu orang apabila dalam rumah itu terdapat lebih dari satu penyandang kusta. Dengan adanya bansos ini, maka pemerintah berharap penyandang kusta tidak perlu keluar dan cukup beraktivitas di rumah dengan bantuan yang diberikan.

"Ini individu yang dikasih. Harapannya kita mengurangi supaya jangan dia jalan keluar karena mereka juga selain dapat bansos mereka juga terdaftar di DTKS. Jadi ada bantuan lain yang mereka dapat. Bukan cuma dari provinsi," kata Malik.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Bakal Bongkar Halte BRT Trans Mamminasata Era SYL

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya