3 Fase Tugas Tim Transisi Danny-Fatma di Pemkot Makassar

Tim transisi Pemkot Makassar didominasi akademisi

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto, mengumumkan secara resmi tujuh orang anggota tim transisi yang akan membantunya nanti. Sebagian besar anggota tim merupakan akademisi.

Mereka adalah Mantan Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf, Ahli Hukum Tata Negara Unhas Prof Aminuddin Ilmar, Ahli Pendidikan UNM Prof Anwar, Ahli Tata Ruang UMI Dr. Naidah Naing, tokoh agama sekaligus politikus Muhammad Iqbal Djalil, Pakar Artificial Intelligence Unhas Dr. Indrabayu, dan Dr. Sakka Pati sebagai sekretaris.

"Tim transisi ini punya tiga fase tugas. Hari ini kita menggambarkan bagaimana besarnya kebutuhan masyarakat dalam visi misi ini. Yang kemudian butuh persiapan dan butuh orang-orang yang expert di bidangnya," kata Danny, sapaannya saat memperkenalkan tim transisi di kediamannya di Jalan Amirullah Makassar, Senin (1/2/2021).

1. Fase sebelum pelantikan

3 Fase Tugas Tim Transisi Danny-Fatma di Pemkot MakassarTim transisi Moh Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah Makassar, Senin (1/2/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, fase pertama adalah fase sebelum dia dilantik sebagai Wali Kota Makassar. Di fase ini, dia membutuhkan bantuan dari tim transisi untuk mempersiapkan langkah mewujudkan janji kampanye pada pilkada lalu.

Dia mencontohkan mengenai program revolusi pendidikan agar semua anak bisa sekolah. Dalam hal ini, kata dia, pihaknya ingin mengetahui dinas apa saja yang terlibat.

"Ini saya minta beliau yang analisis menurut keahlian masing-masing. Setelah dianalisis kelembagaannya, kriteria kepala dinasnya seperti apa. Itu sampai pelantikan," jelas Danny.

2. Fase setelah pelantikan sampai pelantikan kabinet terpilih

3 Fase Tugas Tim Transisi Danny-Fatma di Pemkot MakassarWali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Fase kedua, lanjut Danny, adalah fase setelah pelantikannya sampai pelantikan kabinet terpilih. Di fase inilah, tim transisi akan mengevaluasi kinerja 20 bulan awal Pemerintah Kota Makassar.

Salah satu contoh program yang bagus dan perlu didukung menurut Danny yaitu penembusan kanal di kawasan reklamasi CPI. Selain itu juga program membuat bus dari mobil sampah bekas. 

"Tapi banyak juga program-program yang mesti dievaluasi. Kalau saya yang evaluasi nanti dibilang lagi balas dendam. Makanya kasih ahlinya. Saya betul-betul kasih ruang," ujar Danny.

Baca Juga: Lewat Tim Transisi, Danny Pomanto Ingin Pastikan OPD Mampu Bekerja

3. Fase setelah pelantikan kabinet definitif

3 Fase Tugas Tim Transisi Danny-Fatma di Pemkot MakassarPasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (kanan) dan Fatmawati Rusdi (kiri) menyampaikan keterangan pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Fase ketiga adalah fase setelah pelantikan kabinet definitif. Di sini, kata Danny, tim transisi berubah menjadi pengawal kebijakan setiap dinas. 

Danny mengatakan kehadiran tim transisi ini merupakan bukti keseriusan dirinya bersama Fatmawati Rusdi mewujudkan dan menjaga stabilitas pemerintahan Kota Makassar.

"Fase ketiga setelah pelantikan kabinet sampai berakhir masa jabatan saya. Secara official per tahun kita akan evaluasi juga tim transisi ini berubah menjadi holding untuk menjadi semacam board yang mengawal semua yang ada pada visi misi. Kalau dalam bahasa hukumnya RPJMD," kata Danny.

Baca Juga: Danny Kumpulkan ASN Pemkot Makassar, Rudy Lapor ke Gubernur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya