20 TPS di Gowa Berada dalam Zona Blankspot Sinyal Internet 

Pj Gubernur Sulsel minta KPU manfaatkan internet kantor desa

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyebutkan ada 20 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Gowa yang berada dalam zona blankspot sinyal internet. Hal itu disampaikannya saat meninjau gudang logistik KPU Gowa, Senin (15/1/2024).

Bahtiar mengatakan hampir tidak ada kendala dalam distribusi logistik pemilu di Kabupaten Gowa. Hanya saja, dia memberikan atensi pada TPS-TPS yang berada di zona blankspot atau zona wilayah yang tidak tersentuh sinyal komunikasi.

"Karena ada sekarang Sirekap, ada hampir 20 TPS di daerah ini yang menjadi atensi kita juga," kata Bahtiar.

1. Bahtiar minta manfaatkan kantor desa

20 TPS di Gowa Berada dalam Zona Blankspot Sinyal Internet Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, meninjau gudang logistik KPU Kabupaten Gowa, Senin (15/1/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi merupakan aplikasi yang digunakan oleh KPU untuk mendokumentasikan hasil perolehan suara pada pemilu 2024 nanti. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi TPS yang berada di daerah blankspot.  

Untuk langkah antisipasi, Kapolda Sulsel telah mengarahkan Kapolres Gowa untuk menjaga TPS-TPS yang berada di lokasi tidak ada sinyal. Setelah perhitungan suara, harusnya langsung dilaporkan melalui aplikasi Sirekap.

"Bagaimana kalau tidak ada sinyal tetapi seluruh kantor desa di Sulsel relatif semua ada sinyal," kata Bahtiar.

2. Logistik pemilu di Gowa dipastikan sudah siap

20 TPS di Gowa Berada dalam Zona Blankspot Sinyal Internet Ilustrasi surat suara untuk Pilpres 2024. IDN Times/Istimewa

Adapun Bahtiar mengecek gudang logistik KPU Gowa untuk memastikan kesiapan logistik. Untuk Kabupaten Gowa, tidak ada kendala berarti. Hanya kurang surat suara DPRD Kabupaten Gowa namun dipastikan tiba hari ini. 

"Saya kira kita melihat persiapan kawan-kawan KPU di Kabupaten Gowa khususnya hari ini, relatif siap dan insyaallah kita meyakini bahwa tahapan ini akan berjalan lancar," katanya.

Baca Juga: KPU Sulsel Catat 93.653 Surat Suara Pemilu 2024 Tidak Layak Dipakai

3. Kapolda pastikan surat suara tidak layak dimusnahkan

20 TPS di Gowa Berada dalam Zona Blankspot Sinyal Internet Ilustrasi logistik Pemilu. (IDN Times/Imam Faishal)

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, yang turut mengecek gudang logistik KPU Gowa itu memastikan situasi di Sulsel dalam rangka menyambut pemilu serentak masih aman dan nyaman. Dia juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga ketentraman.

Kemudian terkait kunjungan ke gudang logistik KPU Gowa ini, Andi Rian menyinggung terkait beberapa surat suara hasil sortiran yang kondisinya tidak layak. Dia menegaskan semua surat suara tidak layak akan dimusnahkan. 

"Ini betul-betul harus diamankan dan dijaga kemudian dipastikan nanti pada saat proses pemusnahan, jangan sampai nanti muncul hal-hal lain yang tidak kita inginkan," kata Andi Rian.

Baca Juga: Viral Video Surat Suara Pemilu untuk Kabupaten Gowa Telat Diangkut

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya