20 Ribu Orang Bakal Ramaikan Pawai Obor Takbiran di Makassar

Pemkot ingin bangkitkan suasana berlebaran di kampung

Makassar, IDN Times - Puluhan ribu warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bakal membanjiri jalan-jalan untuk ikut serta dalam pawai obor menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah. Pawai obor ini merupakan agenda Pemerintah Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan pawai obor ini melibatkan sekitar 15.000 sampai 20.000 orang peserta. Hal itu disampaikannya usai memimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriah, di Ruang Sipakatau Balai Kota, Rabu (3/4/2024).

"Pawai obornya itu melibatkan 153 kelurahan, dan masing-masing kelurahan terdiri dari 100 orang. Belum lagi ormas Islam, jadi saya kira bisa sampai 20 ribu orang," kata Danny.

Baca Juga: Damkar Makassar Ungkap Hasil Pemeriksaan di Gedung Pokphand

1. Dimulai dari Masjid 99 Kubah

20 Ribu Orang Bakal Ramaikan Pawai Obor Takbiran di MakassarUmat muslim melaksanakan shalat Tarawih pertama Ramadan 1445 H di Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (11/3/2024). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Pawai obor itu termasuk rangkaian Festival Takbir Tepian Air. Festival ini memang dibuat untuk memeriahkan malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pawai obor akan dimulai dari Masjid Asmaul Husna Kubah 99 atau Masjid 99 Kubah di Kawasan Center Poin of Indonesia (CPI). Kemudian akan berakhir di Anjungan City Of Makassar.

2. Ingin bangun suasana Ramadan seperti di kampung

20 Ribu Orang Bakal Ramaikan Pawai Obor Takbiran di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima audiensi Dewan Kemakmuran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di kediamannya, Jumat, (29/03/2024). Dok. Humas Pemkot Makassar

Karena melibatkan lebih dari 15.000 peserta, Danny ingin pelaksanaan pawai obor ini benar-benar terlaksana dengan baik. Secara teknis juga perlu diatur dengan baik.

Melalui pawai obor, Danny ingin membangun suasana Ramadan seperti di kampung-kampung di tengah Kota Makassar. 

"Kita mau cari suasana (Ramadan) desa di kota," katanya.

3. Pemkot Makassar siapkan tiga lokasi salat Id

20 Ribu Orang Bakal Ramaikan Pawai Obor Takbiran di MakassarBuka puasa bersama sepanjang 2,1 km di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (13/3/2024). Dok. Humas Pemkot Makassar

Pemerintah Kota Makassar menyiapkan tiga lokasi Salat Idul Fitri 1445 Hijriah. Ketiga lokasi itu adalah Lapangan Karebosi, Anjungan Pantai Losari, dan Masjid Asmaul Husna Kubah 99.

Hal ini disampaikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto usai Salat Subuh berjemaah di Anjungan Pantai Losari, Minggu, (31/03/2024). Dia mengajak seluruh masyarakat menyemarakkan malam takbiran dan Salat Idul Fitri pada tiga lokasi tersebut.

"Insyaallah kita akan menyemarakkan takbir dari masjid kubah ke sini (Anjungan Pantai Losari)," kata Danny.

Baca Juga: 7 Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi untuk Wisata Singkat di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya