17 Penumpang Kapal Tenggelam di Selat Makassar Ditemukan Selamat

Pencarian korban hilang terus dilanjutkan

Makassar, IDN Times - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan tim SAR gabungan berhasil menemukan 17 korban KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di perairan Selat Makassar. Semua korban dalam kondisi selamat.

Pada Sabtu 28 Mei 2022 sekitar pukul 18.12 WITA, tim SAR gabungan melalui kapal TB Max 05 dan TV Cipta 2002 menemukan 10 orang di Dermaga Parappa, Kabupaten Takalar. Korban pun telah diserahkan kepada pihak keluarga. 

Mereka yang ditemukan selamat atas nama Saharuddin (64/L), Ahmad Sofi Ramadani (14/L), Nasaranti (30/P), Aco Marendeng (32/L), Abdullah (35/L), Muslimin (49/L), Irwan (36/L), Fatima (60/P), Nurhasanah (38/P) dan, Sarifa (20/P).

"Total korban ditemukan selamat hingga saat ini yaitu 17 orang korban selamat dan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, kemudian akan segera di serahkan kepada keluarga korban," kata Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi, dalam siaran persnya, Minggu (29/5/2022).

1. Pencarian dilanjutkan pemantauan udara

17 Penumpang Kapal Tenggelam di Selat Makassar Ditemukan SelamatPencarian korban KM Ladang Pertiwi via udara di perairan Selat Makassar, Minggu (29/5/2022). Basarnas Makassar

Hingga hari ini, pencarian masih terus dilanjutkan. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman turun langsung memantau pencarian korban. Turut pula Pangkoopsud II, Marsda TNI Minggit Tribowo, Kaskoopsud II, dan Marsma TNI DJhon Amaru.

Pencarian dilaksanakan via udara dengan menggunakan Helly H-3211 Super Puma di sekitar lokasi kecelakaan kapal Ladang Pertiwi 02 di perairan Selat Makassar. Pesawat tersebut berangkat dengan 5 orang crew dari Internal TNI AU berangkat dari Lanud Hasanuddin pada Pukul 08.15 WITA dengan ketinggian pencarian di bawah 10.000 kaki. 

Pesawat menyisir perairan yang diduga terdapat korban. Dengan lama pencarian pesawat yaitu 1 jam 45 menit 

"Kami tadi sempat memantau via udara, dan alhamdulillah cuaca cukup mendukung, very clear saat pemantauan tadi," kata Djunaidi. 

2. Kapal mengangkut 43 penumpang

17 Penumpang Kapal Tenggelam di Selat Makassar Ditemukan SelamatPencarian korban KM Ladang Pertiwi via udara di perairan Selat Makassar, Minggu (29/5/2022). Basarnas Makassar

KM Ladang Pertiwi 02 yang berlayar dari Pelabuhan Paotere hendak menuju ke beberapa pulau yaitu Pulau Pemantauan, Pulau Masalima, Pulau Salirian, Pulau Pamalikan dikabarkan mengalami kecelakaan dan dinyatakan tenggelam pada hari Jumat, 26 Mei 2022 pukul 13.30 WITA.

KM Ladang Pertiwi 02 dilaporkan memuat 43 penumpang. Dari 43 penumpang, 17 diantaranya sudah ditemukan selamat. Sementara 26 orang lainnya masih dalam pencarian.

Kapal tersebut sempat diduga tenggelam karena kehabisan bahan bakar. Hal itu ditambah dengan cuaca buruk di sekitar wilayah Sulawesi Selatan saat itu.

Baca Juga: Bawa 43 Penumpang, KM Ladang Pertiwi Karam di Selat Makassar

3. Tidak punya izin berlayar

17 Penumpang Kapal Tenggelam di Selat Makassar Ditemukan SelamatIlustrasi Kapal Tenggelam (IDN Times/Arief Rahmat)

Belakangan diketahui, KM Ladang Pertiwi 2 ternyata bukan kapal yang diizinkan mengangkut penumpang. Kapal itu juga tidak dapat izin berlayar dari Kantor Syahbandar.

"Kalau status kapal (KM Ladang Pertiwi 2) itu kapal nelayan, bukan kapal barang atau penumpang. Izin persetujuan berlayar itu di syahbandar perikanan," kata Koordinator Syahbandar Pos Paotere Makassar, Nufrizal Atmakaesa, di kantornya, Sabtu siang.

Nufrizal menerangkan, keberadaan KM Ladang Pertiwi 2 di Pelabuhan Paotere Makassar sejak sandar hingga diketahui. Demikian halnya saat kapal berangkat pada 25 Mei 2022 lalu.

"Kapal ini datangnya tidak pernah melapor dan berangkatnya tidak melapor, kegiatan selama di sini (Paotere) tidak pernah ada laporan. Jadi terkait penumpang yang ada di kapal itu kami tidak tahu," ujar Nufrizal.

Baca Juga: KM Ladang Pertiwi Tenggelam, Helikopter TNI AU Bantu Pencarian Korban

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya