Comscore Tracker

1.500 Saudagar Bugis Makassar Bakal Hadiri PSBM ke-22 

Dimeriahkan dengan pameran UMKM

Makassar, IDN Times - Agenda Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) kembali digelar tahun ini. Selama dua tahun pandemik COVID-19, agenda tahunan ini sempat vakum dan hanya dilaksanakan secara virtual.

PSBM ke-22 ini akan selama tiga hari yaitu 13-15 Mei 2022. Agenda ini akan dipusatkan di Hotel Claro Makassar. Sebanyak 1.500 tamu undangan diperkirakan akan hadir dalam agenda tersebut.

"Akan hadir itu Kepala Badan Pangan RI dengan Menteri Pertanian RI. Ada Pak Jusuf Kalla, dia yang buka," kata Ketua Panitia PSBM ke-22, Mansyur Siri, melalui sambungan telepon, Kamis (12/5/2022).

1. Menjadi agenda tahunan

1.500 Saudagar Bugis Makassar Bakal Hadiri PSBM ke-22 Warga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

PSBM merupakan agenda tahunan yang rutin digelar setelah Hari Raya Idul Fitri. Agenda ini merupakan momen mempererat silaturahmi sekaligus halal bihalal bagi para saudagar Bugis Makassar dari berbagai penjuru Tanah Air.

"Jadi para warga dari perantauan yang kembali ke Makassar ini lebaran, kita buatkan acara daripada dia keliling untuk bersilaturahmi ya kita kumpul di situ dalam satu acara," katanya.

2. Ada pameran UMKM

1.500 Saudagar Bugis Makassar Bakal Hadiri PSBM ke-22 Ilustrasi produk UMKM (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

PSBM ke-22 ini juga diyakini akan menggeliatkan ekonomi masyarakat, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Karena akan ada pameran UMKM di lokasi acara.

Sejauh ini, Mansyur belum menerima laporan berapa banyak UMKM yang akan dipamerkan di acara tersebut.

"Ada expo, mereka  memamerkan barangnya keunggulannya. Keunggulan mereka apa, karena ini kan 1500 orang yang datang. Jadi mereka mau lihat membenarkan ada produknya saya ini. Kita buka booth untuk pameran," katanya.

Baca Juga: Tayang di Bioskop, 10 Fakta Film Sang Saudagar

3. Memberi manfaat bagi pelaku UMKM

1.500 Saudagar Bugis Makassar Bakal Hadiri PSBM ke-22 

Menurut Mansyur, pameran UMKM ini akan memberikan nilai plus tersendiri bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Karena selain produk akan laris manis, juga menjadi ajang untuk memperluas relasi atau jaringan bisnis UMKM yang pada gilirannya akan meningkatkan value UKM tersebut.

"PSBM ini menjadi ajang bagi pelaku bisnis khususnya UMKM untuk meningkatkan usahanya, meningkatkan value usahnya. Disini bisa saling sharing untuk konstruktif usaha, dan secara langsung ada trading,” ujarnya.

Baca Juga: PSBM XX, Saudagar Bugis Makassar Fokus Bahas Pemulihan Ekonomi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya