TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadwal Pendaftaran Tiga Bakal Calon di Pilwali Makassar

Tidak ada kandidat mendaftar di hari pertama

Balai  Kota Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membuka pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar mulai hari ini, Selasa (27/8/2024). Pendaftaran dibuka tiga hari, hingga Kamis (29/8/2024).

Pendaftaran bakal calon dibuka di Kantor KPU Makassar, Jalan Perumnas Antang, Kecamatan Manggala. Ketua KPU Makassar, Andi Muhammad Yasir Arafat, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menjamin kelancaran agenda pendaftaran.

"KPU Kota Makassar itu sudah melakukan koordinasi mulai dari tingkat keamanan, hingga dengan kepolisian maupun TNI," kata Yasir di Hotel Claro, Makassar, Sabtu (24/8/2024).

Sejauh ini, ada tiga pasang kandidat yang bakal maju di Pilwali Makassar. Mereka adalah Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham, Andi Seto Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi, dan Indira Yusuf Ismail-Ilham Fauzan Amir Uskara.

Dari informasi yang dihimpun, tidak ada yang mengagendakan pendaftaran pada hari pertama. Satu di antaranya baru akan mendaftar, Rabu besok (28/8/2024), dua lainnya pada Kamis atau hari terakhir pendaftaran.

Baca Juga: KPU Makassar Laksanakan Keputusan MK terkait Usia dan Ambang Batas

1. Seto-Rezki daftar di hari Rabu

Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi (Sehati), akan mendaftar ke KPU Makassar pada 28 Agustus 2024. Ketua Panitia Sehati, Kasrudi, mengatakan pihaknya bersama tim pendukung bakal mengawal pasangan Sehati. Mereka telah menetapkan jadwal dan rencana rute menuju KPU Makassar.

"Rencananya kita mendaftar di KPU Kota Makassar pada tanggal 28 Agustus 2024 pukul 10.00 pagi," kata Kasrudi di Posko Pemenangan Sehati, Jl AP Pettarani, Senin (26/8/2024).

Tim Sehati telah menyiapkan rute yang bakal dilewati Seto-Rezki. Dalam perjalanan ini, Seto-Rezki yang diusung Partai NasDem, Gerindra, dan PSI bakal datang bersama tim dari posko di Jalan AP Pettarani menuju kantor KPU Makassar.

Untuk persiapan selanjutnya, kata Kasrudi , pihaknya telah mengundang para tim dan ribuan pendukung Sehati untuk sama-sama meramaikan. "Kami ajak para pendukung untuk mengantar, sekitar 2.000 konvoi motor. Terus untuk di lokasi KPU pendaftaran kami persiapkan ada sekitar 3.000 massa," katanya.

2. Munafri-Aliyah dan Indira-Ilham daftar di hari terakhir

Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Appi-Aliyah) berencana mendaftar ke KPU Makassar pada Kamis 29 Agustus 2024. Pasangan ini juga merencanakan deklarasi di hari yang sama.

Appi dan Aliyah akan datang langsung ke kantor KPU Kota Makassar di Jalan Perumnas Antang Raya No 2A, pada hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran nanti. Hal ini disampaikan Sekretaris DPD II Golkar Makassar, Abdul Wahab Tahir.

"Berdasarkan informasi terakhir itu, Pak Appi dan Bu Aliyah pada 29 Agustus pagi deklarasi lalu siangnya ke KPU mendaftar," kata Abdul Wahab kepada wartawan, Senin (26/8/2024).

Munafri-Aliyah telah mendapatkan surat rekomendasi final dari tiga parpol yakni Golkar, Demokrat, dan Perindo. Tiga parpol ini sudah cukup untuk digunakan mendaftar ke KPU.

Sementara itu Indira Yusuf Ismail-Ilham Fauzan Amir Uskara juga merencanakan pendaftaran ke Kantor KPU Makassar pada hari Kamis. Jadwal itu disamakan dengan agenda pendaftaran suami Indira, Danny Pomanto, yang maju sebagai bakal calon gubernur Sulsel.

Pasangan ini didukung PPP, PKB, dan PDIP. Pada hari yang sama sebelum mendaftar ke Kantor KPU Makassar, Indira maupun Danny akan lebih dulu mengumpulkan pendukung dan relawannya dalam acara deklarasi. Acara itu rencananya digelar di tugu MNEK, di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI).

Berita Terkini Lainnya