TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BNN Sulsel: Wabup Maros Positif Metamfetamine saat Tes Narkotika

Positif berdasarkan dua kali tes

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari. (maroskab.co.id)

Intinya Sih...

  • Wakil Bupati Maros positif narkoba setelah dua kali tes urine
  • Pemeriksaan dilakukan secara profesional menggunakan rapid tes 7 parameter
  • Sudarianto mengingatkan masyarakat hasil pemeriksaan urine bisa terbaca satu sampai 5 hari

Makassar, IDN Times - Badan Narkotika Nasional (BNN) Proivinsi Sulawesi Selatan menyatakan Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, positif narkoba berdasarkan hasil pemeriksaan urine. Hal itu disampaikan Ketua Tim Pemeriksa Narkotika Pilkada Sulsel 2024, Sudarianto, melalui keterangan resminya di channel Youtube BNNP Sulawesi Selatan, Jumat (20/9/2024).

Sudarianto mengatakan timnya telah memeriksa para kandidat bakal calon kepala daerah. Dari semua kandidat yang telah diperiksa ternyata Suhartina Bohari positif narkoba.

"Dari 140 yang kami lakukan tes urin, terindikasi satu orang positif, yaitu (bakal) calon wakil bupati Maros," kata Sudarianto.

1. Pemeriksaan urine dilakukan dua kali

Sudarianto menyebutkan pemeriksaan urine ini dijalankan secara profesional dengan menggunakan rapid tes 7 parameter. Pemeriksaan ini dilakukan tiga kali karena pada tes pertama ditemukan hasil yang positif.

"Maka untuk memastikan dilakukan lagi tes kedua. Sesuai dengan SOP kami, maka dilakukan tes konfirmasi ke pusat laboratorium BNN cabang Makassar, dan hasilnya positif juga," katanya.

Sebelumnya, Suhartina Bohari gagal maju kembali di Pilbup Maros usai dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan. Dia yang mendampingi Chaidir Syam harus digantikan oleh kandidat lain yaitu Muetazim Mansyur.

2. Pemeriksaan langsung menunjuk metamfetamine

Sudarianto mengatakan laboratorium BNN dapat mendeteksi dan dapat mengurai hasil pemeriksaan urine. Apabila yang dikonsumsi adalah obat batuk, maka hasil laboratorium akan menunjuk obat batuk dan nama obatnya.

"Begitu pun obat tidur, dan pada pemeriksaan kali ini langsung menunjuk metamfetamine," katanya.

Sebagai informasi, metamfetamine merupakan jenis narkotika yang umumnya dikenal sebagai sabu-sabu. Narkotika ini berbentuk kristal berwarna putih.

Berita Terkini Lainnya