TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bagaimana Nasib PSN di Sulsel setelah Pergantian Kepemimpinan Jokowi?

Sulsel menjadi provinsi yang mendapat perhatian dari pusat

Ilustrasi Infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat).

Intinya Sih...

  • Sulsel mendapat perhatian dari pusat karena menjadi lokasi sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang belum rampung di masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.
  • Pj Gubernur Sulsel meyakini pembangunan PSN akan dilanjutkan oleh pemerintah berikutnya, karena proyek tersebut masuk dalam RPJMN 2020-2024.
  • Beberapa PSN yang sedang berjalan di Sulsel antara lain pengembangan wilayah Metropolitan, jalur kereta api, sistem angkutan umum massal perkotaan, dan revitalisasi tambak serta kawasan industri.

Makassar, IDN Times - Presiden Joko Widodo sebentar lagi akan mengakhiri masa kepemimpinannya. Namun, dia mewariskan 42 proyek strategis nasional (PSN) karena tidak akan rampung tahun ini.

Artinya, proyek tersebut akan berlanjut di bawah pemerintahan berikutnya yakni presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sejumlah PSN juga berada di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pada masa pemerintahan Joko Widodo dan Ma'aruf Amin, Sulsel menjadi salah satu provinsi yang mendapat perhatian pemerintah pusat. Ada pembangunan infrastruktur, pengembangan moda transportasi baru, serta kehadiran bendungan dan jaringan irigasi yang menunjang sektor pertanian.

1. Pj Gubernur Sulsel yakin pergantian presiden tidak berpengaruh

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, meyakini pemerintah selanjutnya akan melanjutkan pembangunan di Sulsel, terlebih yang sementara berjalan.

PSN di Sulsel juga telah masuk Rencana Pembangunan Jangka Pembangunan Menengah Nasional (RPJMN). Dengan demikian, proyek tersebut akan tetap menjadi perhatian dari pemerintah pusat, meski ada pergantian kepemimpinan.

"Pergantian presiden tidak berpengaruh. Program jalan terus," kata Zudan.

2. Pembangunan masa transisi sudah dibicarakan

Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat memberikan arahan Konsolidasi Nasional Pilkada Serentak di JCC, Jakarta Pusat (20/8/2024) (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Zudan menegaskan kelanjutan pembangunan proyek PSN pada masa transisi tentu telah dibahas bersama. Menurutnya, pergantian kepemimpinan dari era Jokowi ke Prabowo tidak berkaitan dengan hal kelanjutan proyek.

Pasalnya, siapapun pemimpinnya harus melanjutkan pembangunan termasuk PSN. Terlebih karena PSN juga telah masuk dalam RPJMN.

"Pak Jokowi dan Prabowo itu transisinya sudah dibicarakan. Jadi jangan berpikir yang aneh. Semuanya berjalan berkelanjutan," kata Zudan.

Berita Terkini Lainnya