1000 Warga Miskin Ekstrem di Mimika Terima Bantuan Rp1 Juta per Bulan

Bantuan berupa uang tunai Rp1 juta per bulan

Intinya Sih...

  • Sebanyak seribu OAP di Kabupaten Mimika menerima bantuan uang tunai Rp1 juta per bulan dari Dinas Sosial Provinsi Papua Tengah.
  • Penyerahan simbolis bantuan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Ribka Haluk di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Timika.
  • Besaran bantuan senilai Rp6 juta untuk 6 bulan pertama, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada penerima seperti Mama Agnes yang berencana membuka usaha kecil-kecilan.

Timika, IDN Times – Sebanyak seribu orang asli Papua (OAP) yang hidup dalam kategori miskin ekstrem di Kabupaten Mimika, menerima bantuan berupa uang tunai dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Tengah, Rabu (18/9/2024).

Dalam acara seremonial yang berlangsung di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Timika, Jalan Yos Sudarso, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada beberapa perwakilan penerima bantuan. Sementara untuk penyaluran selanjutnya akan dilayani oleh PT POS Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Ribka Haluk menyampaikan bahwa penyaluran bantuan dana kemiskinan ekstrem dari Provinsi Papua Tengah menyasar kepada seluruh kabupaten yang ada di Papua Tengah.

"Delapan kabupaten di Provinsi Papua Tengah mendapat bagian yang sama dalam penyaluran bantuan ini. Kita berharap ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," kata Ribka.

Adapun besaran jumlah bantuan untuk setiap penerima senilai Rp1 juta per bulan. Pada tahap pertama ini, diberikan senilai Rp6 juta untuk jangka waktu 6 bulan terhitung dari Januari 2024.

Salah satu penerima bantuan yakni Mama Agnes mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah yang telah memberikan dana bantuan tersebut.

Sebagai seorang wanita yang kini telah berstatus janda, Agnes mengatakan akan menggunakan dana bantuan itu dengan sebaik-baiknya demi memenuhi kehidupannya ke depan.

"Mungkin saya akan buka usaha kecil-kecilan biar uang ini bisa berkembang. Saya janda dan jarang sekali dapat bantuan. BLT juga kadang dapat, kadang tidak. Jadi, saya berterima kasih sekali dengan adanya bantuan ini," tuturnya.

Baca Juga: AIYE Ingin Lanjutkan Bantuan Rumah Ibadah dan Infrastruktur di Mimika

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya