TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Akun Google Bisnis Hotel di Makassar Diretas, Calon Tamu Harus Waspada

PHRI catat dua orang telah jadi korban

ilustrasi hacker (IDN Times/Aditya Pratama)

Intinya Sih...

  • Fenomena peretasan akun Google Bisnis hotel marak terjadi di Indonesia, termasuk di Makassar, Sulawesi Selatan.
  • PHRI Sulsel mencatat dua tamu hotel telah menjadi korban penipuan akibat pemalsuan data nomor telepon pada Google Bisnis.
  • PHRI Sulsel meminta kepada 28 hotel yang tergabung untuk melakukan update kata sandi dan mengaktifkan tahapan 2 verifikasi sebagai langkah antisipasi.

Makassar, IDN Times - Belakangan ini, marak terjadi fenomena peretasan terhadap akun Google Bisnis hotel. Fenomena ini terjadi di berbagai wilayah Indonesia dan kini menimpa hotel di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga, mengungkapkan sejauh ini sudah ada dua tamu hotel yang menjadi korban penipuan akibat pemalsuan data nomor telepon pada Google Bisnis. Satu korban di Hotel Premier Makassar dan satunya lagi di Hotel Celebes Malino saat event Beautiful Malino.

"Kalau kerugian yang telah terjadi sampai saat ini sudah ada yang melaporkan ke kami," kata Anggiat, Rabu (14/8/2024).

1. Merugikan calon tamu

ilustrasi hacker (IDN Times/Aditya Pratama)

Kondisi ini pun berpotensi membuat calon tamu bertransaksi tidak tepat sasaran. Hal ini akan berujung pada penipuan sehingga merugikan calon tamu.

"Ketika masyarakat ingin mencari tahu kontak suatu hotel, yang terlihat kontak si pelaku. Kemungkinan ada transaksi yang terjadi di situ antara korban dan pelaku," kata Anggiat.

2. Hotel harus selalu update kata sandi

Anggiat menyebutkan ada 28 hotel yang tergabung dalam PHRI Sulsel. Pihaknya pun mulai mengantisipasi kepada hotel-hotel yang belum mengalami peretasan.

"Kami meminta kepada seluruh hotel untuk terus melakukan update kata sandi dan mengaktifkan tahapan 2 verifikasi," katanya.

Berita Terkini Lainnya