TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Indira Jusuf Ismail, Kandidat Perempuan di Pilwalkot Makassar

Istri Danny Pomanto itu sudah kantongi rekomendasi dari PKB

Indira Jusuf Ismail berbicara dalam acara pelepasan Kafilah DPD BKPRMI Kota Makassar yang akan mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) pada 18 Juli 2024. (Instagram.com/indirajusufismaildp)

Intinya Sih...

  • Indira Jusuf Ismail, istri Wali Kota Makassar dua periode Ramdhan "Danny" Pomanto, mencuat sebagai kandidat kuat Pilwalkot Makassar 2024.
  • Indira aktif dalam program sosial seperti "Jagai Anakta" dan memiliki pengalaman organisasi yang diharapkan membawa perubahan positif bagi kota Makassar.
  • Nama Indira sudah mendapat rekomendasi dari PKB dan direkomendasikan berpasangan dengan politisi muda PPP, Ilham Ari Fauzi Uskara.

Makassar, IDN Times - Dari sederatan kandidat bakal calon Wali Kota Makassar, terdapat satu nama non-partai yang mencolok. Ia adalah Indira Jusuf Ismail, istri Wali Kota dua periode Ramdhan "Danny" Pomanto.

Nama Indira sudah mulai mencuat sejak awal tahun ini, ketika poster dan balihonya bertebaran di berbagai jalanan Makassar. Ada tiga slogan yang diusung yakni "Ini Demi Rakyat", "Pemimpin yang Dibutuhkan Rakyat" dan "Lanjutkan Kebaikan."

Sebagai bagian dari perkenalan sejumlah figur yang akan bertarung di Pilwalkot Makassar 2024, berikut IDN Times menyusun profil singkat Indira Jusuf Ismail seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Menghabiskan seluruh jenjang pendidikan di Kota Makassar

Indira Jusuf Ismail, lahir di Makassar pada 26 Februari 1968. Ia menghabiskan masa kecilnya juga di Kota Daeng, termasuk masa pendidikan formal. Mulai dari SD Negeri Mangkura (1976-1982), SMP Negeri Islam Datumuseng (1982-1984) dan SMA Negeri 1 Makassar (1984-1986).

Pada tahun 1987, Indira melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Ia resmi menamatkan pendidikan S1 sekaligus mendapat gelar Sarjana Ekonomi tiga tahun berselang, atau pada 1990.

Pada akhir tahun 1994, Indira menikah dengan Ramdhan Pomanto yang saat itu masih bekerja sebagai arsitek dan konsultan tata kota. Ia setia mendukung sang suami dalam setiap aktivitas, sebelum Danny terpilih menjadi Wali Kota Makassar periode 2014-2019.

2. Menjabat sebagai ketua beberapa organisasi selama beberapa tahun terakhir

Saat Danny menjadi orang nomor satu Makassar, Indira juga mendapat tugas baru. Ia didapuk sebagai pemimpin beberapa organisasi. Antara lain Ketua TP PKK Kota Makassar, Ketua Dekranasda Kota Makassar, dan Bunda PAUD Kota Makassar. Indira juga memimpin Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Makassar dan Forum Multi Sektor TB Kota Makassar.

Indira juga aktif dalam program sosial milik Pemkot Makassar yakni "Jagai Anakta'." Program tersebut fokus pada perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan, dengan tujuan menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Indira Yusuf juga sering terjun langsung ke lapangan untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan isu-isu sosial lainnya. Fokus utamanya terdapat pada pendidikan dan pemberdayaan perempuan.

Berita Terkini Lainnya