TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tim SAR Evakuasi 28 Pendaki dari Gunung Bawakaraeng

Selama Siaga SAR Merah Putih pada momen HUT ke-79 RI

Tim SAR gabungan mengevakuasi 28 pendaki dari Gunung Bawakaraeng selama kegiatan Siaga SAR Merah Putih, 16-18 Agustus 2024. (Dok. Istimewa)

Makassar, IDN Times - Basarnas Makassar bersama tim SAR gabungan menggelar kegiatan Siaga SAR Merah Putih pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia. Siaga SAR untuk mengantisipasi lonjakan pendaki yang hendak merayakan peringatan 17 Agustus yang bertepatan di hari libur.

Siaga SAR Merah Putih dilaksanakan di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, sejak Jumat 16 Agustus 2024. Hingga ditutup pada Minggu (18/8/2024), tercatat 3.380 pendaki teregistrasi di kawasan Gunung Bawakaraeng.

"Alhamdulillah, kegiatan Siaga Sar Khusus Merah Putih di Bawakaraeng telah ditutup pada hari ini (18/08). Dengan total pendaki sebanyak 3.380 orang. Dan ada 28 pendaki yang dievakuasi oleh tim sar gabungan selama siaga berlangsung," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Andi Sultan.

Sultan mengatakan, dari 28 orang dievakuasi, ada 15 orang yang mengalami hipotermia. Selebihnya dikarenakan mengalami cedera, kebanyakan di bagian kaki.

"Hal ini memang sudah menjadi salah satu kekhawatiran kami, dikarenakan saat ini kondisi cuaca di Gunung Bawakaraeng memang sangat dingin dan beberapa pendaki yang datang adalah pendaki yang baru saja menginjakkan kaki di gunung Bawakaraeng," kata Sultan.

Sultan melanjutkan, kegiatan siaga sar ditutup pada Minggu karena para pendaki sudah mulai turun dari berbagai lokasi di Gunung Bawakaraeng.

"Dan juga tak lupa banyak terima kasih untuk seluruh potensi sar yang telah membantu pelaksanaan siaga sar khusus merah putih ini sehingga berjalan dengan lancar, dan pesan untuk para pendaki, untuk mempersiapkan diri maupun kebutuhan jika di lain waktu hendak mendaki Gunung Bawakaraeng," kata Sultan.

Baca Juga: 1.407 Pendaki Bakal Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng Gowa

Berita Terkini Lainnya