TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sepuluh Anggota Embarkasi Haji Makassar Wafat di Saudi

Satu lainnya meninggal jelang berangkat haji

Kabid Penyelenggaaran Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail. (Dok. Kemenag Sulsel)

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar melaporkan sebelas orang anggota jemaah meninggal selama rangkaian pemberangkatan maupun prosesi ibadah haji. Hal itu disampaikan Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Ikbal Ismail, merujuk data per Selasa (18/6/2024).

"Hingga saat ini sudah 11 orang meninggal dunia. Sebanyak 10 orang meninggal dunia di Arab Saudi dan satunya saat akan diterbangkan ke Arab Saudi," kata Ikbal dikutip dari Antara, Rabu (19/6/2024).

Tahun ini Embarkasi Makassar memberangkatkan 16.644 orang diberangkatkan dalam 37 kelompok penerbangan. Embarkasi Makassar menjadi pintu keberangkatan jemaah haji asal delapan provinsi. Selain Sulawesi Selatan, jemaah berasal dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Identitas anggota jemaah meninggal, masing-masing sebagai berikut. Pertama, Nurasiah Ladalle (51) dari kelompok terbang (kloter) 16 asal Kabupaten Soppeng. Ia meninggal di pemondokan Arab Saudi karena mengalami serangan jantung (Acute myocardial infarction).

Kedua, Lissa Yoskar Karel (86) asal Kabupaten Barru dari kloter 3, yang meninggal dunia di RS Saudi karena nyeri dada atau jantung koroner (Angina pectoris). Ketiga, Miraji Baba Abu (68) yang tergabung di kloter 13 asal Kabupaten Kepulauan Morotai, Maluku Utara. Meninggal dunia di RSAS Malik Fahd, Arab Saudi.

Keempat adalah Gustiari Pawae (52) yang tergabung dalam kloter 30 asal Kabupaten Maluku Tengah, yang meninggal dunia di Saudi German Hospital karena gagal ginjal. Kelima, Kaco P Mahafani (86) asal Polewali Mandar, Sulbar; keenam Suradmi Sjafruddin Murtala (42) asal Kabupaten Gowa, Sulsel; dan ketujuh Amiruddin Muhammattang Kallabe (60) asal Luwu Utara, Sulsel.

Kedelapan, Abdullah Amin ( 69) asal Kabupaten Muna, Sultra; kesembilan, Abubakar Said Hegemur (78) asal Kabupaten Fak-fak, Papua Barat; dan Anwar Solong (61) asal Kolaka, Sultra, serta calon haji asal Gorontalo, Jaleha Hanafi (71) dari kloter 13 dan meninggal dunia di RS Prof. dr. H. Aloei Saboe.

Baca Juga: Pemberangkatan 37 Kloter Embarkasi Haji Makassar Rampung

Berita Terkini Lainnya