TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anggota Jemaah Haji Kloter 10 Debarkasi Makassar Meninggal di Pesawat

Anggota jemaah haji wafat bertambah jadi 37

Ilustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Makassar, IDN Times - Seorang anggota jemaah haji Kloter 10 Debarkasi Makassar meninggal di pesawat dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi, Selasa malam (11/7/2023). Pria bernama Ayub Yakin Zaman itu wafat sebelum mendarat di Bandara Kualanamu Medan, dalam penerbangan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Ayub, pria kelahiran Halmahera Barat, Maluku Utara, 10 November 1949, dinyatakan meninggal pada pukul 18.40 WIB. Dia sempat mendapatkan tindakan medis di pesawat.

Baca Juga: Bea Cukai Makassar Perketat Pengawasan usai Viral Emas Jemaah Haji

1. Penyebab meninggal karena hipertensi dan anemia

Ilustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Kabar meninggalnya almarhum disampaikan petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 10 Debarkasi Makassar dr. Nurdhani, sesaat setelah tiba di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar pada Rabu (12/7/2023) pukul 03.15 dini hari. Almarhum Ayub Yakin Zaman yang berusia 73 tahun dinyatakan meninggal akibat hipertensi dan anemia di penerbangan Garuda Indonesia Airways GIA-1210 tujuan Makassar.

“Riwayat penyakit almarhum hipertensi dan anemia. Almarhum sangat lemas karena tidak mau makan,” kata dr. Nurdhani.

2. Jenazah almarhum dipulangkan ke kampung halaman di Ternate

Identitas anggota jemaah haji Kloter 10 Debarkasi Makassar meninggal di pesawat dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi. (Dok. PPIH Debarkasi Makassar)

Berdasarkan keterangan pihak masakapai Garuda, Dhanil, sesampainya di bandar udara internasional Sultan Hasanuddin Makassar, jenazah langsung dibawa ke RSUD Daya Biringkanaya Makassar. Di sana dilakukan pemulasaran jenazah.

Setelah itu jenazah diantar kembali ke bandara pada pagi hari dan langsung diterbangkan ke Ternate dengan pesawat Lion Air. Keseluruhan biaya pemulangan jenazah ditanggung oleh pihak Garuda.

Baca Juga: Kesehatan Jemaah Haji Debarkasi Makassar Dipantau 21 Hari

Berita Terkini Lainnya