TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1 April Jadi Hari Kebudayaan Makassar, Ini Alasannya

Pemkot Makassar mencanangkan peringatannya mulai tahun ini

IDN Times / Aan Pranata

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan resmi menetapkan tanggal 1 April sebagai Hari Kebudayaan. Pada hari yang sama setiap tahun, akan dijadikan momentum untuk menanamkan dan menghidupkan berbagai unsur kebudayaan daerah maupun Nusantara di tengah masyarakat Makassar.

Pencanangan Hari Kebudayaan Makassar digelar secara seremonial di kawasan benteng Fort Rotterdam, jalan Ujung Pandang Makassar, Senin (1/4). Pencanangan diisi dengan pagelaran berbagai seni dan tradisi lokal, dari pakaian, tari, kuliner, hingga musik bernuansa Makassar.

“Budaya menjadi identitas dan pemersatu kita. Hari ini kita kelihatan sangat hebat karena kebudayaan lokal dan nasional,” kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto pada upara pencanangan.

1. Pemilihan tanggal sesuai latar belakang kota Makassar

IDN Times / Aan Pranata

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Sittiara Kinang mengatakan, pemilihan 1 April sebagai Hari Kebudayaan merupakan hasil pertimbangan panjang. Tanggal tersebut tidak lepas dari sejarah panjang dan latar belakang kota Makassar.

Menurut catatan sejarah, cikal bakal lahirnya Kota Makassar berawal dari 1 April 1906. Saat itu pemerintah Hindia Belanda membentuk dewan pemerintahan Gemeentee di Kampung Baru, yang terletak di kawasan Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam. Kawasan ini yang berkembang menjadi kota Makassar hingga kini.

“1 April juga menandai nama Makassar menggantikan nama Ujung Pandang pada tahun 1999,” Sittiara menjelaskan.

2. April jadi bulan budaya

IDN Times / Aan Pranata

Dalam penerapannya, Hari Kebudayaan Makassar bakal diperingati bersama oleh pemerintah dan masyarakat. Wali Kota telah mengeluarkan imbauan agar 1 April dirayakan dengan berbagai kegiatan berbau budaya tradisional.

Pada Hari Kebudayaan, siswa sekolah, guru, dan pegawai pemerintahan diminta mengenakan pakaian tradisional. Wali Kota berharap masyarakat ambil bagian dengan cara sederhana, agar budaya lokal dapat terus diwarisi turun-temurun.

“Budaya adalah kekuatan ruh luar biasa yang tidak bisa disia-siakan. Kalau tidak ditanamkan ke anak-anak sejak dini, tanpa ramah tamah, gotong royong, atau musyawarah, tidak bisa dibayangkan seperti apa hidup kita,” kata Ramdhan Pomanto.

Baca Juga: Earth Hour, Wali Kota Makassar Ajak Warga Matikan Listrik Sejenak

3. Pencanangan Hari Kebudayaan diklaim yang pertama di Indonesia

IDN Times / Aan Pranata

Wali Kota Danny -sapaan Ramdhan- menyatakan pencanangan Hari Kebudayaan oleh Pemkot Makassar merupakan yang pertama kali di Indonesia. Ini sekaligus menegaskan posisi Makassar sebagai rumah budaya Nusantara yang terkenal hingga ke mancanegara.

Danny mengutip salah satu riwayat, bahwa konon 500 kosakata yang digunakan masyarakat di kawasan teritori utara Australia berasal dari bahasa Makassar. Kondisi ironis saat anak-anak masa kini tidak mengenal sejarah daerah dan budaya lokalnya sendiri.

“Kita tidak ingin anak-anak hanya mengenal La Galigo sebagai jalan penunjuk warung kopi. Padahal La Galigo merupakan salah satu pahlawan besar kita,” Danny melanjutkan.

Baca Juga: Pemkot Makassar Tetapkan 1 April Hari Kebudayaan 

Berita Terkini Lainnya