Unhas Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi, Catat Tanggalnya

Mulai dari POSK sampai Vokasi untuk siswa lulusan SMK

Makassar, IDN Times - Pengumuman hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) resmi diumumkan pada Selasa lalu (20/6/2023). Hampir 3 ribu mahasiswa baru diterima masuk dalam 14 fakultas Universitas Hasanuddin (Unhas), mulai dari Peternakan hingga Keperawatan.

Lantas bagaimana untuk peserta yang belum berhasil lolos? Unhas tetap menyediakan kuota untuk jalur non-subsidi yang lebih dikenal sebagai jalur mandiri.

Baca Juga: Unhas Masuk 10 Besar Kampus Paling Produktif Menurut SINTA

1. Jalur Non-Subsidi terbagi jadi dua

Unhas Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi, Catat Tanggalnyaunhas.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpM(K), menjelaskan bahwa jalur non-subsidi di Unhas terdiri dari dua kategori, yaitu jalur non-subsidi untuk peserta UTBK dan Non-UTBK.

"Jalur non-subsidi UTBK ditujukan bagi peserta yang belum berhasil lolos UTBK SNBP. Penilaiannya mencakup nilai UTBK, tes kepribadian, dan wawancara," jelas Prof. Ruslin dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Rabu (21/6/2023).

Selain itu, Unhas juga menyediakan jalur non-subsidi Non-UTBK yang terbuka untuk siapa pun, baik yang tidak mengikuti UTBK maupun yang mengikuti UTBK. Penilaian untuk jalur non-subsidi Non-UTBK terdiri dari tiga tahap, yaitu tes potensial akademik, tes kepribadian, dan wawancara.

2. Pendaftaran Kelas Internasional akan ditutup pada Kamis ini (22/6/2023)

Unhas Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi, Catat TanggalnyaJadwal penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin untuk tahun ajaran 2023. (Dok. Biro Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Selain jalur tersebut, Unhas juga menawarkan jalur seleksi Prestasi, Olahraga, Seni, dan Keilmuan (POSK) sebagai jalur mandiri untuk menerima calon mahasiswa. Pendaftaran jalur tersebut dibuka sejak Rabu kemarin (21/6/2023) hingga 30 Juni 2023. Pengumumannya sendiri dilakukan pada tanggal 14 Juli.

Selanjutnya, Unhas masih membuka kesempatan bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti program kelas internasional Unhas. Pendaftaran untuk jalur ini akan berlangsung hingga Kamis ini (22/6/2023), dan hasilnya akan diumumkan pada 7 Juli mendatang.

3. Para calon mahasiswa baru bisa mengakses informasi lewat situs yang disediakan

Unhas Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Non-Subsidi, Catat TanggalnyaSuasana upacara penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin Makassar tahun ajaran 2020/21, pada Senin 9 September 2020. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Selain itu, Unhas turut membuka pendaftaran jalur Vokasi SMK Prestasi sejak 1 April sampai 7 Juli mendatang. Pengumuman hasil seleksi jalur ini akan dilakukan pada 12 Juli. Sedangkan pengumuman seleksi jalur Vokasi, yang pendaftarannya dibuka pada 1 April lalu hingga 3 Juli, akan dilakukan pada tanggal 14 Juli.

Untuk memudahkan para calon pendaftar, informasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 bisa diakses melalui https://regpmb.unhas.ac.id/. Situs yang disediakan oleh Unhas tersebut dapat diakses 24 jam.

Baca Juga: Workshop Publikasi Internasional FKIP Unhas Diikuti Mahasiswa Malaysia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya