Kades asal Bone Dugem, PMD Sulsel Usut Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa

Respons viralnya sejumlah Kepala Desa Bone pesta di THM

Intinya Sih...

  • Kepala Dinas PMD Sulsel merespons viralnya kepala desa Bone pesta di THM, menyatakan kekecewaan dan akan mengusut siapa saja yang ikut berpesta.
  • Sejumlah 200-an Kades mengikuti bimtek di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, namun foto viral diambil saat beberapa peserta ikut berpesta di THM.
  • Jayadi melakukan investigasi internal, koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dan Kementerian Desa, serta menegur keras para kepala desa agar tidak memakai dana desa untuk hura-hura.

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Jayadi Nas, merespons sorotan atas unggahan di media sosial yang memperlihatkan sejumlah kepala desa asal Kabupaten Bone berpesta di salah satu Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Makassar.

"Tentunya kami sangat menyayangkan hal itu terjadi," kata Jayadi ditemui di Kantor DPRD Sulsel, Senin (13/05/2024).

Jayadi mengatakan, PMD Sulsel akan mengusut siapa saja kepala desa yang ikut berpesta di THM.

"Saya juga telah memberikan warning kepada seluruh kepala desa di Sulsel untuk menjaga perilaku mereka. Karena seyogianya kita penjabat pemerintah menjadi suri teladan bagi masyarakat," ucapnya.

1. Para Kades ikuti Bimtek pengelolaan keuangan desa

Kades asal Bone Dugem, PMD Sulsel Usut Dugaan Penyalahgunaan Dana DesaIlustrasi tempat hiburan malam, nightclub. (Unsplash.com/Long Truong)

Berdasarkan informasi yang diperolah pihaknya, Jayadi menjelaskan awalnya sekitar 200-an Kades tersebut mengikuti Bimbingan Teknik (bimtek) bertemakan pengawasan dan kebijakan pengelolaan keuangan desa untuk mencegah penyimpangan. Kegiatan tersebut berlangsung pada 8 Mei hingga 10 Mei 2024 di Hotel Four Points by Sheraton Makassar.

Dia mengatakan, foto yang viral di Instagram itu diambil pada Rabu (08/05/2024) atau hari pertama Bimtek. "Tetapi, tidak semua peserta itu ikut masuk ke sana (THM) beberapa orang saja. Namun, tetap kita sangat sayangkan kejadian itu," kata Jayadi.

2. Dinas PMD Sulsel usut dugaan penyalahgunaan dana desa

Kades asal Bone Dugem, PMD Sulsel Usut Dugaan Penyalahgunaan Dana DesaKepala Dinas PMD Sulsel, Jayadi Nas merespons viralnya sejumlah kades asal Bone berpesta di salah satu THM di Makassar. (IDN Times/Faisal Mustafa)

Dalam postingan Instagram @sulsel_today nampak dua perempuan bergoyang di atas panggung dengan monitor layar bertuliskan "Welcome Rombongan Kepala Desa Bone #From Revan dan Adrian". Diketahui lokasi THM itu berada di D'Liquid Makassar. Gambar yang beredar juga menuliskan "Cieee rombongan kepala desa dari dugem, Semoga bukan anggaran dipake pak".

Merespons hal itu, Jayadi menyatakan telah melakukan investigasi internal dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dan Kementerian Desa. "Sudah ada tim yang dibentuk. Kita juga akan melakukan pertemuan strategis di Bone dalam waktu dekat ini. Dan kami telah menegur keras para kepala desa, apalagi jika nanti terbukti memakai dana desa untuk hura-hura," tuturnya.

3. Harap para kades jadi suri tauladan masyarakat

Kades asal Bone Dugem, PMD Sulsel Usut Dugaan Penyalahgunaan Dana DesaKepala Dinas PMD Sulsel, Jayadi Nas merespons viralnya sejumlah kades asal Bone berpesta di salah satu THM di Makassar. (IDN Times/Faisal Mustafa)

Jayadi menegaskan, kejadian tersebut haruslah menjadi pembelajaran. Termasuk bagaimana menyelenggarakan Bimtek yang inovatif dan kreatif. "Kami akan mengoreksi lagi bagaimana mengoordinir peserta. Hal ini tentu di luar kendali panitia. Kita belajar bersama lah dari kejadian ini," jelasnya.

Dia berharap, seluruh Kades di Sulsel dapat menjaga muruah sebagai representatif pemerintah di tingkat desa. Menurutnya, sebagai kades harus menjadi suri tauladan bagi masyarakatnya." Kami harap kejadian ini menjadi yang pertama dan terakhir," tukas Jayadi.

Oleh : Faisal Mustafa

Baca Juga: Kepala Desa asal Bone Meninggal Dunia saat Ikuti Bimtek di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya