Jadi Penyebab Air Laut Hijau di Selayar, Apa Itu Ledakan Alga?

Hebohkan penduduk setempat, perlu penelitian lebih lanjut

Makassar, IDN Times - Fenomena air laut yang berubah menjadi warna hijau di pesisir Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi pembicaraan pengguna media sosial. Pada video lain, terlihat sekumpulan ikan mati terdampar di tepi pantai, dan dikaitkan dengan perubahan warna air laut. Bagaimana penjelasan ilmiahnya?

Menurut Dr. Ahmad Bahar, Dosen Prodi Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas), air laut di Selayar berwarna hijau adalah fenomena blooming alga hijau.

"Penyebabnya itu bisa disebabkan oleh perubahan suhu yang mendadak, atau perairan terjadi nutrifikasi yaitu penambahan nutrien yang menyebabkan perairan menjadi sangat subur, bisa juga akibat pencemaran," ujarnya saat dihubungi IDN Times pada Rabu sore (18/1/2023).

1. Zat nitrat fosfat jadi salah satu penyebab

Jadi Penyebab Air Laut Hijau di Selayar, Apa Itu Ledakan Alga?Ilustrasi blooming algae. (Wikimedia Commons/W.carter)

Lebih jauh, ada juga dua kondisi lingkungan lain yang membuat jumlah alga hijau ini bisa mendadak tumbuh sangat melimpah.

"Kondisi pertama yakni keberadaan empang di perairan sekitar tempat alga hijau tersebut. Biasanya kan empang dipupuk, dan dalam pupuk terkandung nitrat fosfat," jelas Dr. Ahmad.

Zat fosfat dan nitrat sendiri dibutuhkan untuk mendukung organisme dalam pertumbuhan dan perkembangan hidupnya terutama fitoplankton. Dengan kata lain, sangat penting bagi kehidupan biota laut. Tapi jika berlebihan, alga hijau akan tumbuh tak terkendali.

2. Situasi musim juga berpengaruh pada pertumbuhan alga hijau

Jadi Penyebab Air Laut Hijau di Selayar, Apa Itu Ledakan Alga?Ilustrasi blooming algae. (Algae at Mount Lake by Oast House Archive)

Sedangkan faktor kedua menyangkut kondisi cuaca di suatu wilayah. "Kedua, yakni dipengaruhi oleh musim pancaroba alias masa peralihan musim, dan juga perubahan suhu yang ekstrem," jelasnya.

Suhu perairan yang meningkat akan memicu aktivitas metabolisme alga. Alhasil, aktivitas pembelahan sel yang dilakukannya berlangsung lebih cepat. Dan pertumbuhan alga hijau pun lebih cepat dari biasanya.

"Tapi, fenomena melimpahnya alga hijau ini sebenarnya tidak umum," imbuh Dr. Ahmad.

Baca Juga: Selayar Terapkan "One Day no Fishing" buat Jaga Populasi Ikan

3. Fenomena di Selayar masih perlu penelitian lebih lanjut

Jadi Penyebab Air Laut Hijau di Selayar, Apa Itu Ledakan Alga?Ilustrasi blooming algae. (Wikimedia Commons/HuBar)

Lantas bagaimana dengan video yang memperlihatkan ikan-ikan mati di pantai? Ini disebut tak lepas dari fenomen ledakan alga hijau. Meski begitu, ia menyebut harus ada riset untuk menjelaskan apa yang terjadi di Selayar secara rinci.

"Ini tak bisa dibiarkan karena bisa membunuh biota laut. Karena melimpah, mereka bisa menutupi perairan sehingga menghalangi sinar matahari, juga bisa membuat ikan mati setelah memakannya," katanya.

"Tapi ini perlu penelitian lebih lanjut, terkait jenis alga apa yang ada di Selayar," tandas Dr. Ahmad.

Baca Juga: Fenomena Langka Air Laut di Selayar Berubah Hijau, Ikan Mati

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya