HUT ke-76 RI, Penyelam Unhas Kibarkan Bendera di Bawah Laut

Sekaligus jadi rangkaian acara Dies Natalis ke-65 Unhas 

Makassar, IDN Times - Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Tim Penyelam Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan upacara pengibaran bendera di bawah laut pada hari Minggu (15/8/2021).

Prosesi ini berlangsung di wilayah perairan Pulau Kodingareng Keke, Kota Makassar, pada kedalaman 8 meter di bawah permukaan laut. Rusnadi Padjung, koordinator pengibaran bendera mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bagian dari perayaan Dies Natalis Unhas ke-65.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Siapa Saja Bakal Calon Rektor Unhas Sejauh Ini?

1. Pengibaran Merah Putih di perairan Pulau Kodingareng Keke

HUT ke-76 RI, Penyelam Unhas Kibarkan Bendera di Bawah LautTim Penyelam Universitas Hasanuddin Makassar melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut perairan Pulau Kodingareng Keke jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Minggu 15 Agustus 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

"Pulau tersebut dipilih sebagai lokasi kegiatan mengingat konturnya yang bagus dan didukung dengan adanya lukisan (transplantasi terumbu karang, red) burung Garuda," ungkap Rusnadi, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Minggu malam (15/8/2021).

Kegiatan dimulai dengan upacara sebelum menyelam di area pantai. Kemudian, ke-17 penyelam memasang Merah Putih di bawah laut. Usai penghormatan bendera, spanduk ucapan Dies Natalis Unhas turut dibentangkan.

2. Prosesi pengibaran bendera berjalan lancar meski arus air cukup berat

HUT ke-76 RI, Penyelam Unhas Kibarkan Bendera di Bawah LautTim Penyelam Universitas Hasanuddin Makassar membentangkan spanduk ucapan Dies Natalis Unhas ke-65 saat menyelam di Pulau Kodingareng Keke, Minggu 15 Agustus 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Menurut Rusnadi, para penyelam bisa mengibarkan bendera meski arus air sempat memberi kesulitan.

"Hambatannya hanya terletak pada arus air yang cukup deras, sehingga menyulitkan para penyelam dan juga ombak laut yang cukup besar. Namun, kemudian semua hambatan tersebut dapat teratasi dengan mudah," ungkap dosen Fakultas Pertanian itu.

Usai pengibaran bendera, rombongan juga membersihkan kawasan pantai pulau yang berjarak sekitar 16 kilometer dari pesisir Makassar tersebut.

3. Para penyelam turut rencanakan penanaman bibit pohon mangrove dalam waktu dekat

HUT ke-76 RI, Penyelam Unhas Kibarkan Bendera di Bawah LautTim Penyelam Universitas Hasanuddin Makassar saat membersihkan area pantai Pulau Kodingareng Keke jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Minggu 15 Agustus 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Ke-17 penyelam Unhas ini juga tergabung dalam Gusung Tallasa Community (Gustalcom), sebuah perkumpulan para dosen dan keluarga Unhas yang menaruh minat kepada laut. Mulai dari keindahan hingga biotanya. Lebih jauh, kegiatan di Kodingareng Keke sejalan dengan visi kemaritiman Unhas.

Rencananya dalam waktu dekat, Gustalcom juga bakal menanam bibit mangrove di kawasan Makassar New Port. Termasuk juga kawasan Transplantasi Terumbu Karang pada salah satu pulau lepas pantai Makassar.

Baca Juga: 10 Lagu Wajib Nasional yang Sering Dinyanyikan di HUT Kemerdekaan 

Topik:

  • Irwan Idris
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya