Gubernur Nurdin Konfirmasi 3 Pasien Positif COVID-19 di Sulsel Sembuh

Masyarakat diharapkan selalu menjaga imunitas dan kesehatan

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengonfirmasi bahwa sudah ada tiga pasien yang sebelumnya positif virus corona atau COVID-19, kini telah sembuh. Selain itu, lima warga berstatus PDP juga sudah diizinkan pulang.

"Sudah ada delapan yang sembuh. Lima PDP dan tiga yang positif. Jadi tim dokter, tim medis, semua sudah bekerja secara maksimal," ungkap Nurdin Abdullah di Posko Siaga COVID-19 pada hari Rabu (1/4), dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

1. Gubernur Nurdin Abdullah turut meminta masyarakat menjaga kesehatan demi menekan penyebaran wabah COVID-19

Gubernur Nurdin Konfirmasi 3 Pasien Positif COVID-19 di Sulsel SembuhGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Istimewa

Alhasil, terjadi penurunan jumlah kasus aktif COVID-19 dari 45 orang (data Satgas COVID-19 Sulsel per Selasa 31 Maret) menjadi 42 orang. Seiring dengan kabar baik ini, Nurdin pun turut berharap seluruh masyarakat menjaga imunitas tubuh demi menekan penyebaran wabah.

"Kita berharap memang masyarakat menjaga imunitas tubuhnya. Sekali lagi saya menyampaikan, imunitas tubuh kita harus dijaga. Walaupun positif, itu kan belum tentu mereka berbahaya. Kita harus melawan ini, karena masa inkubasi 14 hari," lanjutnya.

2. Masyarakat turut diminta agar tak menyematkan sentimen negatif kepada keluarga dan pasien yang terjangkit coronavirus

Gubernur Nurdin Konfirmasi 3 Pasien Positif COVID-19 di Sulsel SembuhIlustrasi. (IDN Times/Khaerul Anwar)

Lebih jauh, ia turut angkat bicara perihal penolakan warga terhadap jenazah pasien COVID-19 yang hendak dikuburkan. Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu meminta kepada masyarakat agar tidak menyematkan sentimen negatif kepada keluarga atau orang-orang yang terjangkit virus corona.

"Saya minta sekali lagi, bahwa korban meninggal akibat COVID-19 itu bukan aib. Sudah disebarkan bahwa virus juga tidak menyebar kalau mereka sudah dikuburkan. Oleh karena itu, saya minta pengertian dari kita semua. Jangan langsung melakukan penolakan jenazah," pungkasnya.

Baca Juga: Walhi Kritik Pemprov Sulsel Tak Transparan Tangani COVID-19

3. Setelah dimakamkan pada Minggu (29/3) silam, hasil pemeriksaan sampel swab menyatakan warga Gowa berinisial AR negatif COVID-19

Gubernur Nurdin Konfirmasi 3 Pasien Positif COVID-19 di Sulsel SembuhIlustrasi pemakaman pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kabar lain juga datang dari Kabupaten Gowa. Almarhum AR, pria berusia 52 tahun yang berdomisili di Kecamatan Somba Opu, dinyatakan tidak terinfeksi coronavirus. Konfirmasi tersebut datang setelah pihak laboratorium kesehatan Sulsel merilis hasil sampel swab pada hari Rabu (1/4).

AR yang berstatus PDP meninggal dunia di RSUD Wahidin Sudirohusodo Makassar pada Minggu (29/3) silam. Jenazah AR sempat mendapat penolakan saat akan dikebumikan di Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Pihak keluarga pun memutuskan memakamkan AR di area pemakaman umum di Kelurahan Sudiang.

Baca Juga: LBH Makassar Desak Pemerintah di Sulsel Lebih Sigap Tangani COVID-19 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya