Comscore Tracker

Bupati Adnan Konfirmasi 3 Warga Gowa Positif Terinfeksi Virus Corona

Dua di Sombaopu dan satu di Kecamatan Pallangga Gowa

Makassar, IDN Times - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengonfirmasi pasien positif terjangkit virus corona (COVID-19) di daerahnya. Adnan mengatakan saat ini ada tiga pasien positif, 9 orang dalam pemantauan (ODP), dan 5 orang dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

"Kondisi Gowa saat ini 9 ODP, 5 PDP dan 3 Positif Covid-19," tulis Adnan dalam unggahan instagram pribadinya @adnanpurichtaichsan, Kamis (26/3) malam. 

Adnan mengumumkan situasi perkembangan wabah COVID-19 setelah melakukan teleconference dengan sejumlah otoritas lainnya. Ia pun telah meminta Kapolres Gowa AKBP Boy Samolda, Dandim 1609 Gowa Letkol Arh Muh Suaib dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa dr Hasanuddin untuk mengambil langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Gowa.

1. Bupati Gowa meminta Camat dan Dinkes untuk mengawasi karantina warganya

Bupati Adnan Konfirmasi 3 Warga Gowa Positif Terinfeksi Virus CoronaDok. Humas Pemkab Gowa

Adnan turut menginstruksikan personel Dinkes Gowa bekerja sama dengan beberapa Camat untuk mengawasi proses karantina warga-warga dengan riwayat perjalanan keluar daerah serta berinteraksi dengan pasien berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau orang yang dikonfirmasi positif mengidap COVID-19.

"Yang penting tidak mengalami keluhan yang signifikan. Tidak boleh ada kontak atau salaman dengan siapapun juga. Kediaman yang bersangkutan akan dipantau oleh Babinsa dan Babinkantibmas selama masa isolasi," tulis Adnan.

2. Pemda Gowa bakal menanggung kebutuhan makanan warganya yang menjalani proses karantina di kediaman masing-masing

Bupati Adnan Konfirmasi 3 Warga Gowa Positif Terinfeksi Virus CoronaIlustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Adnan turut menyebut pihaknya bakal menanggung persediaan makanan para warganya yang saat ini menjalani karantina di kediaman masing-masing. "Insya Allah Pemda juga akan memberikan sembako kepada keluarga korban untuk kebutuhan 14 hari, sehingga betul-betul dapat berdiam diri di rumah," lanjut Adnan.

Lebih jauh Adnan menyampaikan bahwa penyemprotan disinfektan telah dilakukan dalam villa pribadi milik Prof. Idrus Paturusi. Mantan Rektor Universitas Hasanuddin periode 2006-2014 yang dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona pada Rabu (25/3) kemarin.

Baca Juga: 3 Klaster Penyebaran Corona di Makassar: Umrah, Bogor dan Ijtima Gowa

3. Saat ini, sudah ada tiga warga Kabupaten Gowa yang dinyatakan positif terjangkit virus corona

Bupati Adnan Konfirmasi 3 Warga Gowa Positif Terinfeksi Virus CoronaDok. Humas Pemkab Gowa

Menurut data Satgas COVID-19 Sulsel pada Kamis (25/3) pukul 22.20 WITA, saat ini sudah ada 3 warga Gowa yang masuk dalam daftar kasus positif. Selain itu ada juga 5 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 6 lainnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Tiga kasus positif COVID-19 di Gowa adalah perempuan berusia 51 tahun asal Kecamatan Pallangga serta dua lainnya dari Kecamatan Somba Opu, semuanya laki-laki berumur 44 tahun dan 26 tahun.

Baca Juga: Peta Sebaran Kasus Positif COVID-19 di Sulsel, Makassar Terbanyak

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya