Aplikasi Interaktif Buatan Mahasiswa Unhas Raih Perunggu di ISIF 2023

ISIF adalah kompetisi dan pameran yang berlangsung di Turki

Makassar, IDN Times - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kembali meraih prestasi di tingkat internasional. Abdul Salam, Muhammad Haekal Sutrisna, Nurul Fathanah dan Astri Anggriani membawa dengan aplikasi Navigatour buatan mereka ke ajang kompetisi dan pameran The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) 2023 yang berlangsung Kamis pekan lalu (27/4/2023) hingga Senin kemarin (1/5/2023).

Navigatour sendiri berhasil mendapat penghargaan setara perunggu dari Presiden Turki Patent and Trademark Office. Tak hanya itu, mereka juga memperoleh dukungan untuk scaling up alias tahap pengembangan proyek dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

1. Tahap pengembangan aplikasi Navigatour dimulai sejak November 2022

Aplikasi Interaktif Buatan Mahasiswa Unhas Raih Perunggu di ISIF 2023Para mahasiswa dan dosen Universitas Hasanuddin pengembang aplikasi Navigatour dalam ajang pameran ISIF 2023 di Istanbul, Turki. (Dok. Istimewa)

Navigatour sendiri adalah platform edukatif berbasis game interaktif yang dilengkapi dua mode (casual and adventure). Aplikasi tersebut terintegrasi dengan layanan informasi perjalanan bagi pengunjung tempat wisata.

Diharapkan penggunaan aplikasi ini bisa memberi imbas pada kunjungan ke berbagai objek wisata non-benda baik dalam maupun luar negeri. Tak cuma dikemas dengan modern dan menyenangkan, tapi juga menambah daya tarik untuk berkunjung ke destinasi tujuannya.

Salah satu anggota tim pengembang, Nurul Fathanah, menyebut bahwa Navigatour sudah melalui banyak proses sebelum dipamerkan di ISIF. "Persiapannya sejak November 2022. Kami melalui tahap ideasi, user experience, submisi abstrak, pengembangan aplikasi hingga pada pendaftaran paten inovasi," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Selasa (2/5/2023).

2. Navigatour lahir dari kolaborasi para mahasiswa dari dua fakultas berbeda

Aplikasi Interaktif Buatan Mahasiswa Unhas Raih Perunggu di ISIF 2023Para mahasiswa Universitas Hasanuddin pengembang aplikasi Navigatour dalam ajang pameran ISIF 2023 di Istanbul, Turki. (Dok. Istimewa)

Di sisi lain, Abdul Salam selaku Founder dan CEO Navigatour meneybut bahwa selain berkompetisi, ISIF juga memberi banyak pelajaran dan pengalaman baru bagi dirinya dan tim. Mulai dari pengembangan kemampuan critical thinking, problem solver, leadership hingga digital entrepreneur.

"Rasa syukur dan terima kasih kami haturkan kepada dosen pembimbing, khususnya, Dr. Eng. Intan Sari Areni, S.T., M.T dan dukungan penuh dari pimpinan dan civitas akademika Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian serta Rektor Universitas Hasanuddin yang telah berkenan membantu selama persiapan hingga pelaksanaan ISIF 2023," katanya.

Pengembangan Navigatour sendiri melibatkan mahasiswa dua fakultas berbeda. Abdul Salam, Muhammad Haekal Sutrisna, dan Nurul Fathanah berasal dari Fakultas Teknik. Sedangkan Astri Anggriani dari Fakultas Pertanian.

3. Sebelumnya, Navigatour sudah mendapat dukungan inovasi dari Geopark Maros-Pangkep

Aplikasi Interaktif Buatan Mahasiswa Unhas Raih Perunggu di ISIF 2023Foto udara Taman Purbakala Sumpang Bitta yang berada di Kelurahan Balocci Baru, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene Kepulauan. (Dok. Geopark Maros-Pangkep)

Setelah kegiatan ini, Abdul Salam dan kawan-kawan berharap Navigatour terus dikembangkan sehingga layak hilirisasi. Sebelumnya, aplikasi ini juga sudah mendapat dukungan inovasi dalam format triple helix dengan destinasi Geopark Maros-Pangkep sebagai mitra.

Berlangsung di International Istanbul Atatürk Airport, ISIF yang jadi bagian dari Technofest Turkiye diikuti lebih dari 30 negara seperti Rusia, Qatar, China, Kanada, Irak, Iran, Jerman, Belgia, Portugal, dan lain-lain.

Pesertanya sendiri datang dari beragam latar belakang seperti peneliti, konsultan, mahasiswa hingga perwakilan universitas di seluruh dunia. Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan, juga hadir dalam acara pameran ini.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya