KPU Sulsel: Kotak Suara Kardus Tiba di Kabupaten/Kota Tanpa Ada Cacat

Gudang logistik KPU se-Sulsel dinilai layak

Makassar, IDN Times - KPU Sulawesi Selatan memantau keamanan logistik di 24 kabupaten/kota, jelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang tersisa sekitar 4 bulan lagi. 

Anggota Komisi KPU Sulsel Syarifuddin Jurdi pada IDN Times, Selasa (18/12/2018), yang berangkat menuju Kabupaten Tana Toraja guna memantau logistik Pemilu, menyebutkan seluruh kotak suara sudah tiba di seluruh kabupaten/kota di Sulsel yang terdiri 5 kotak suara di 26.318 TPS se-Sulsel dengan kondisi aman tanpa ada cacat. 

Selain kotak suara, tinta  yang dicelup wajib pilih juga sudah terkirim, sedangkan kertas sampul masih dalam proses pengiriman. Ada pun beberapa item logistik lainnya dan alat kelengkapan TPS masih dalam proses pengadaan. Sedangkan bilik suara, jumlah tiap daerah tidak sama persis, tergantung kebutuhan dan sisa bilik yang masih layak digunakan.

1. KPU Sulsel memilih menggunakan kabel tis untuk kotak suara

KPU Sulsel: Kotak Suara Kardus Tiba di Kabupaten/Kota Tanpa Ada CacatFacebook/SyarifuddinJurdi

Syarifuddin Jurdi menyebutkan, KPU Sulsel menerapkan penggunaan kabel tis berlogo KPU, dibandingkan menggunakan gembok untuk menjaga keamanan surat suara pada Pemilu nanti.

Kabel tis ini hanya sekali pakai, ketika akan dibuka cukup dengan digunting. Beberapa daerah lainnya masih tetap menggunakan gembok, meskipun kotak suara terbuat dari kardus.

Baca Juga: Alasan KPU Pakai Kotak Suara Kardus, Arief: Kami Ingin Pemilu Murah

2. KPU Sulsel perketat penjagaan gudang KPU

KPU Sulsel: Kotak Suara Kardus Tiba di Kabupaten/Kota Tanpa Ada CacatKPU Sulsel

Syarifuddin Jurdi menyebutkan KPU telah menganggarkan dana untuk menggaji seorang penjaga gudang dan seorang lagi pengawas gudang.

Selain itu, aparat kepolisian juga dilibatkan melakukan monitoring di sekitar gudang KPU, berdasarkan instruksi Kapolri, untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pemilu 2019 mendatang.

3. Gudang penyimpanan KPU harus aman dari kebocoran

KPU Sulsel: Kotak Suara Kardus Tiba di Kabupaten/Kota Tanpa Ada CacatIDN Times/Musthofa Aldo

KPU Sulsel menjamin seluruh gudang penyimpanan logistik Pemilu sudah memenuhi tiga kriteria yang telah ditentukan, yaitu aman dari kebocoran air, apalagi saat musim hujan tiba. Aman dari kelembaban untuk menjaga ketahanan kotak suara dan aman dari rayap. 

“Semua gudang yang disewa KPU dalam kondisi layak dan aman, setiap gudang harus disemprot anti rayap terlebih dahulu dan memiliki papan palet,” ujar Syarifuddin yang berlatar belakang dosen politik UIN Alauddin ini.

4. KPU Sulsel berharap ada penambahan logistik cadangan

KPU Sulsel: Kotak Suara Kardus Tiba di Kabupaten/Kota Tanpa Ada CacatANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Syarifuddin mengatakan saat ini pihaknya berharap ada tambahan jumlah kotak suara, berdasarkan perkembangan data jumlah DPT  terbaru.

Sebelumnya, jumlah TPS yang disiapkan hanya 26.318 TPS dan diperkirakan akan bertambah 30 TPS lagi. 

Baca Juga: Sindir Keputusan KPU Soal Kotak Suara, M Taufik: Pemilu Kardus

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya