Viral Video Tentara di Makassar Acungkan Pistol ke Warga Sipil

Aksi koboi oknum TNI jadi tontonan anak-anak

Makassar, IDN Times - Beredar video seorang berseragam Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengacungkan senjata api ke arah warga. Videonya viral usai dibagikan sejumlah pengguna media sosial serta tersebar di grup-grup percakapan WhatsApp.

Menurut informasi yang dihimpun IDN Times, peristiwa itu terjadi di kawasan Perumahan Bumi Husada, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kejadiannya pada Rabu (4/9/2024).

Baca Juga: Semua Anggota DPRD Makassar Terpilih Telah Serahkan LHKPN

1. Datangi perumahan, tentara arahkan pistol ke ibu-ibu

Viral Video Tentara di Makassar Acungkan Pistol ke Warga SipilRekaman CCTV pria berseragam TNI mengacungkan pistol ke arah warga sipil di Makassar, viral di media sosial. (Dok. Istimewa)

Dalam sebuah video rekaman CCTV durasi 50 detik yang beredar, tampak dua pria berseragam TNI mendatangi kawasan kompleks perumahan. Salah satu di antara mereka menenteng pistol.

Selain mereka, tampak dua pria lain berpakaian sipil. Selain itu di jalan depan perumahan tampak sejumlah ibu-ibu dan anak perempuan.

Salah satu bagian video menunjukkan salah satu pria berseragam TNI berinteraksi dengan warga. Pria itu kemudian mengacungkan pistolnya ke arah ibu-ibu yang berada di teras salah satu rumah.

2. Aksi koboi tentara jadi perhatian warga

Kedatangan pria berseragam tentara itu jadi perhatian warga setempat. Video menunjukkan sejumlah orang keluar dari rumahnya usai pria itu mengacungkan pistolnya.

Peristiwa itu juga jadi topik pembicaraan di medsos. Sejumlah pengguna Instagram menyayangkan tentara yang seolah mengancam warga sipil dengan senjata api. Ada juga warganet yang berharap masalah bisa diselesaikan sesuai hukum berlaku.

"Kalau salah kan ada jalurnya, laporkan ke pihak kepolisian," tulis salah satu pengguna Instagram merespons video yang beredar.

3. Denpom XIV/4 Makassar selidiki kejadian yang viral

Viral Video Tentara di Makassar Acungkan Pistol ke Warga Sipililustrasi pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Peristiwa penodongan pistol oleh tentara kepada warga sipil telah diketahui Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin selaku pemegang teritori militer di wilayah terkait. Kepala Penerangan Kodam Hasanuddin Kolonel Mangapul Hutajulu mengatakan, kejadian itu sedang diselidiki.

Detasemen Polisi Militer (Denpom XIV/4 Makassar, kata Mangapul, telah memanggil anggota bersangkutan untuk pemeriksaan. "Demikian saat ini yg sdg dilakukan, mohon bersabar sambil menunggu hasil penyelidikan dari Pihak Denpom XIV/4 Makassar," katanya kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Baca Juga: 300 Anggota Jemaah Umrah Makassar Tertahan Lima Hari di Makkah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya