Viral Video Anak Diduga Suruh Ibunya Jadi Pengemis

Belum diketahui kebenaran narasi video, warganet terbelah

Makassar, IDN Times - Sebuah video yang diunggah di media sosial jadi pembicaraan warganet, Jumat (15/11). Video menayangkan rekaman kejadian yang diduga seorang anak menyuruh ibunya jadi pengemis.

Video yang diunggah akun Instagram @makassar_iinfo memperlihatkan pengendara sepeda motor dengan penutup muka, yang berhenti di depan pagar sebuah masjid. Dia menurunkan seorang wanita renta yang membawa ember dan bertopi caping. 

Dalam video itu, terlihat si pengendara membantu wanita renta itu melepaskan helm. Dia juga membantunya mengenakan kain sarung. Si pengendara lantas menghidupkan sepeda motornya dan meninggalkan orang tua itu sendiri.

“Miris.... Kejadian sebelum sholat Jumat, Diduga seorang anak menyuruh ibunya jadi pengemis… Bukannya mengurus ibunya yang sudah renta, malah nyuruh ibunya mengemis….,” tulis @makassar_iinfo pada keterangan video yang diunggah Jumat (15/11).

Baca Juga: Inspiratif, Ini 7 Prinsip Hidup Orang Makassar agar Sukses

1. Lokasi dalam video berada di Jalan AP Pettarani Makassar

Viral Video Anak Diduga Suruh Ibunya Jadi PengemisGoogle Maps

Menurut penulusuran IDN Times, pengambilan video berlokasi di depan Masjid HM Asyik, Jalan AP Pettarani Makassar. Sebab terdapat kesamaan bentuk dan warna bangunan maupun pagar masjid di dalam video dengan yang tampak di lokasi sebenarnya.

Penanda lain dalam video berupa beton pembatas jalan. Sejumlah titik di Jalan AP Pettarani, termasuk depan Masjid HM Asyik, memang dipasangi pembatas jalan selama proyek pengerjaan tol layang. Video juga menampilkan pelat kendaraan dengan kode depan DD, yang merupakan kode untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Namun, belum bisa dipastikan kapan video itu direkam.

2. Banyak komentar yang berisi kecaman

Viral Video Anak Diduga Suruh Ibunya Jadi Pengemispexels/Pixabay

Hingga Jumat (15/11) pukul 17.23 Wita, video yang diunggah @makassar_iinfo sudah disukai lebih dari 30 ribu kali dan menuai dua ribu lebih komentar. Video itu turut dibagikan sejumlah akun lain di berbagai saluran medsos.

Meski belum ada keterangan pasti soal kejadian dalam video, sebagian warganet yang menonton video menyatakan prihatin dan sedih. Mereka mengecam jika memang betul si anak menyuruh ibunya mengemis.

“Laknat siapapun itu yg sengaja menjadikan org tua pengemis,” tulis “  @diki_inrawan pada kolom komentar.

“Anaknya habis ini dapet tiket neraka jalur undangan,” kata @alvinrio_1501.

Ada juga yang mendoakan orang dalam video agar sadar.

“Subhanallah, semoga anaknya mendapat teguran dan hidayah,” ucap @yaksin11. 

3. Warganet ingatkan tidak menebar fitnah

Viral Video Anak Diduga Suruh Ibunya Jadi PengemisIDN Times/Sukma Shakti

Tak semua komentar warganet berisi kecaman. Ada juga pengguna Instagram yang meragukan narasi video. Sebab, belum tentu orang dalam rekaman gambar itu benar-benar anak yang menyuruh ibunya mengemis.

Sebagian warganet menduga si pengendara sengaja membantu wanita yang sudah tua. 

Seperti komentar @riswty17: “Siapa tau itu bukan siapa2nya hanya saja ibu itu membantu nenek itu ..di caritahu dulu malah fitnah nnti.”

“jangan langsung percaya ini anaknya. ada kejadian kayak gini juga beberapa taun lalu. ternyata itu tetangganya,” @ikika99 menimpali.

Baca Juga: Diulang karena Tanpa Pemenang, 6 Fakta Pilkada Makassar 2020    

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya