Ustaz Firanda Ditolak Ceramah di HUT Wajo

Ustaz Firanda disebut sering menimbulkan kontroversi

Makassar, IDN Times - Rencana Pemerintah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, mendatangkan pendakwah  Ustaz Firanda Andirja Abidin, diiringi sejumlah penolakan. Salah satunya dari Pengurus Pusat Pondok Pesantren As'adiyah.

Pemkab Wajo sedianya mengundang Ustaz Firanda untuk mengisi kajian keagamaan di Masjid Agung Ummul Qura', di Kota Sengkang, Wajo, pada 28 Maret 2022. Kajian itu rangkaian peringatan Hari Jadi ke-623 Wajo.

Lewat pernyataan sikapnya, pengurus Ponpes As'adiyah menyarankan Pemkab mengurungkan rencana menghadirkan Uztaz Firanda sebagai penceramah. Mereka sekaligus menyatakan tidak setuju dan menolak kedatangan sang dai.

"Untuk menjaga dan memelihara kehidupan beragama di Kabupaten Wajo agar tetap kondusif tanpa ada ketegangan di kalangan umat Islam," bunyi pernyataan sikap yang diteken Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Ponpes As'adiyah, KH Muhyiddin Tahir, dikutip Jumat (25/3/2022).

Baca Juga: Dari Firanda hingga Rahmat Baequni, Azra: Harus Ada Penertiban Ustaz

1. Alasan Ponpes As'adiyah menolak Ustaz Firanda

Ustaz Firanda Ditolak Ceramah di HUT WajoPimpinan Ponpes As'adiyah Wajo. (Dok. Istimewa)

Surat pernyataan PP Ponpes As'adiyah Wajo juga mengungkap alasan soal penolakan terhadap kedatangan Ustaz Firanda. Itu terkait dengan rekam jejak sang dai.

"Dr. Firanda Andirja LC., M.A, salah seorang penceramah di berbagai media, sering mengeluarkan pernyataan dan sikap yang menimbulkan kontroversi dan kadang menimbulkan keresahan di kalangan umat Islam," bunyi pernyataan sikap tersebut.

2. Pemkab Wajo sikap pro-kontra rencana kedarangan Ustaz Firanda

Ustaz Firanda Ditolak Ceramah di HUT WajoMasjid Agung Ummul Qura’, Kota Sengkang, Wajo. (wajokab.go.id)

Pemerintah Kabupaten Wajo merespons adanya penolakan dari sejumlah kalangan terhadap rencana kedatangan Ustaz Firanda pada 28 Maret 2022. Pemkab mengagendakan duduk bersama dengan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo, sejumlah pimpinan organisasi keagamaan Islam, dan pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah.

Bupati Wajo Amran Mahmud bakal hadir pada pertemuan yang rencananya digelar Jumat malam. Salah satu agendanya, meminta masukan dan pandangan para pimpinan ormas keagamaan.

"Rapat koordinasi rencananya akan dilaksanakan pada Jum'at (25/03/2022) malam bertempat di Rumah Jabatan Bupati Wajo, Pesanggrahan. Kami sudah mengundang para pimpinan ormas keagamaan sesuai instruksi Bapak Bupati Wajo," kata Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Wajo Ernawati Aras.

Ernawati menambahkan, salah satu tujuan dari rapat koordinasi ini untuk menghasilkan keputusan terbaik yang bisa diterima atau dipahami semua pihak. Apalagi jelang peringatan Hari Jadi Wajo.

“Kita berharap peringatan HJW ke-623 ini bisa berlangsung dengan baik dan dapat dirasakan esensinya oleh semua masyarakat," kata Ernawati.

3. Siapa Ustaz Firanda?

Ustaz Firanda Ditolak Ceramah di HUT WajoYoutube.com/lenteraislam

Ustaz Firanda Andirja Abidin  merupakan salah satu dai atau mubaligh yang populer. Di laman pribadinya, firanda.com, disebutkan bahwa pria kelahiran Surabaya, 28 Oktober 1979 itu punya ayah yang berasal dari Wajo.

Firanda aktif mengisi kajian Islam di Indonesia. Dia salah satu narasumber Radio Rodja dan Rodja TV. Sejak 2012 hingga 2018, Firanda diberi amanah oleh Pemerintah Arab Saudi untuk menyampaikan ceramah berbahasa Indonesia di Masjid Nabawi untuk para jamaah haji dan umrah dan para penduduk Indonesia yg bermukim di Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap Tegas

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya