Usai Banjir, 80 Persen Pasokan Listrik di Sulsel Pulih

Petugas masih mengupayakan penormalan jaringan

Makassar, IDN Times - PT PLN berupaya memulihkan pasokan listrik yang padam terdampak banjir di dua belas wilayah Sulawesi Selatan. Sejauh ini, PLN Wilayah Sulselrabar telah mengaktifkan 786 dari 1.002 gardu distribusi yang padam akibat banjir.

“Sebesar 80 persen pasokan listrik di daerah Sulsel sudah dapat dinyalakan. Petugas akan terus berupaya memulihkan pasokan listrik sampai tuntas seutuhnya, dengan tetap memperhatikan keselamatan masyarakat,” kata General Manager PLN Wilayah Sulselrabar Bambang Yusuf, melalui keterangan pers yang diterima Jumat (25/1).

1. Listrik di sebagian wilayah Makassar dan Gowa masih mati

Usai Banjir, 80 Persen Pasokan Listrik di Sulsel PulihIDN Times / Istimewa

Bambang menjelaskan bahwa banjir tidak hanya merendam 1.002 gardu distribusi listrik di Sulsel. Berdasarkan pendataan di lapangan, banjir juga merusak 8,2 kilo meter sirkuit jaringan tegangan menengah dan 20 tiang listrik. Namun tegangan menengah dan tiang sudah bisa kembali dinormalkan oleh petugas.

Petugas PLN, kata Bambang, telah menyalakan listrik pada sebagian besar wilayah yang terdampak, yakni di Maros, Pangkep, Makassar, Takalar, dan Jeneponto. Sedangkan 20 persen yang masih padam berada di wilayah Makassar dan Gowa.

“Daerah yang masih terdampak padam akibat banjir dan angin kencang antara lain di kawasan Antang, Makassar, dan Malino, di Gowa,” ujar Bambang.

2. Petugas sengaja mematikan pasokan listrik saat banjir

Usai Banjir, 80 Persen Pasokan Listrik di Sulsel PulihIDN Times/Abdurrahman

Curah hujan yang tinggi di Kota Makassar dan sekitarnya sejak Senin (22/1) lalu, mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa tiang listrik PLN. Selain itu gardu distribusi PLN di beberapa daerah terendam banjir, sehingga petugas harus mematikan pasokan listrik agar aman bagi masyarakat.

Tidak hanya gardu, beberapa kantor PLN juga terendam banjir. Hingga kini petugas di lapangan sedang melakukan penormalan sistem dengan memperbaiki infrastruktur yang rusak dan membersihkan jaringan yang terkena ranting.

"Untuk daerah yang terdampak banjir, PLN menunggu banjir surut setelah itu petugas menormalkan pasokan sesegera mungkin," kata Bambang.

3. Masyarakat terdampak banjir diminta waspada arus listrik

Usai Banjir, 80 Persen Pasokan Listrik di Sulsel PulihIDN Times / Aan Pranata

Bambang mengimbau kepada masyarakat waspada dengan arus listrik saat terjadi banjir. Jika air menggenangi wilayah permukiman, segera menempuh langkah siaga untuk menghindari sengatan listrik.

"Apabila rumah masyarakat terendam banjir diharapkan agar segera mematikan instalasi listrik dan mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak,” Bambang melanjutkan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya