Unhas Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-4 Nasional

Nilai pendanaan PKM untuk Unhas mencapai Rp1 miliar lebih

Makassar, IDN Times -  Universitas Hasanuddin meraih pendanaan penelitian melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebanyak 135 proposal dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan jumlah tersebut, Unhas menempati peringkat empat nasional di antara perguruan tinggi dengan pendanaan PKM terbanyak tahun 2023. Pendanaan terbanyak diraih Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 282 proposal, Institut Pertanian Bogor (IPB) 192 proposal, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 172 proposal.

Baca Juga: Hadir di Unhas, Fordigi Dorong Mahasiswa Makassar Jadi Talenta Digital

1. Unhas mendapatkan pendanaan PKM Rp1 miliar lebih

Unhas Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-4 Nasionalunhas.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. Muhammad Ruslin mengatakan, Unhas memperoleh total pendanaan Rp1.011.150.000 untuk delapan bidang PKM. Setiap proposal PKM menerima pendanaan antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.

Dari total 135 proposal tersebut, pendanaan diberikan kepada 42 proposal PKM Riset Eksakta, 31 proposal PKM Riset Sosial Humaniora, 17 proposal PKM Kewirausahaan, 31 proposal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 proposal PKM Penerapan Iptek, 8 proposal PKM Karsa Cipta, dan 1 proposal PKM Video Gagasan Konstruktif.

2. Pendanaan meningkat dibanding athun lalu

Unhas Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-4 NasionalGedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Senayan, Jakarta Selatan (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ruslin menyebut pencapaian ini merupakan prestasi luar biasa bagi Unhas. Sebab jumlah proposal PKM yang didanai Kementerian meningkat.

"Alhamdulillah, kita berhasil menempati peringkat empat nasional dalam jumlah proposal PKM yang mendapatkan pendanaan di tahun 2023. Terjadi peningkatan dua digit, mengingat tahun lalu kita berada di posisi enam dalam jumlah proposal yang didanai," katanya dalam keterangan pers yang dikutip, Sabtu (17/6/2023).

3. Proposal yang lolos seleksi dinilai kembali

Unhas Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-4 NasionalWakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. Muhammad Ruslin

Selanjutnya, seluruh proposal yang mendapatkan pendanaan akan melalui tahap seleksi kembali melalui Proses Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM. Proposal yang lolos penilaian reviewer berhak maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang akan diselenggarakan di Universitas Padjadjaran pada bulan November 2023.

Prof. Ruslin menambahkan bahwa Unhas akan terus memfasilitasi dan melakukan persiapan yang matang menuju PIMNAS. Ia berharap Unhas dapat meningkatkan prestasinya dengan meraih posisi empat besar atau bahkan tiga besar di ajang PIMNAS 2023.

"Kami sangat yakin dengan kerja keras tim pokja dan antusiasme para mahasiswa sejak awal. Kami akan terus memfasilitasi dan melakukan persiapan yang matang sehingga kami dapat naik peringkat, bahkan masuk dalam empat besar atau tiga besar PIMNAS," ucapnya.

Baca Juga: Bertemu PerDIK, Rektor Unhas Tegaskan Komitmen Kampus Ramah Difabel 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya