Tuntas, 18 Ribu Calon Haji Diberangkatkan via Embarkasi Makassar  

Kloter 40 atau akhir berangkat Senin (5/8)

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar merampungkan pemberangkatan 40 kelompok terbang jemaah calon haji ke Arab Saudi. Sebanyak 18.109 orang asal delapan provinsi di Indonesia timur berangkat usai mengikuti persiapan final di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan.

Berakhirnya pemberangkatan jemaah haji ditandai kepergian Kloter 40 dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Madinah, Arab Saudi, Senin (5/8) pukul 11.36 WITA. Kloter akhir memuat 430 jemaah dan lima orang petugas pendamping kloter.

"Proses pemberangkatan jemaah haji kita, Alhamdulillah mulai dari awal sampai akhir dapat berjalan dengan aman dan lancar. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel Anwar Abubakar pada pelepasan jemaah Senin (5/8) pagi.

1. Sebanyak 62 kuota kursi tidak terpakai

Tuntas, 18 Ribu Calon Haji Diberangkatkan via Embarkasi Makassar  IDN Times/Istimewa

Tahun ini PPIH Embarkasi Makassar menerima kuota jemaah haji sebanyak 18.171 orang. Selain 24 kabupaten/kota di Sulsel, Embarkasi Makassar juga menaungi jemaah asal tujuh provinsi lain, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Dari 40 kloter, kuota terpakai sebanyak 18.109, terdiri dari 17.909 calon haji dan 200 petugas pendamping. Selama proses embarkasi terdapat 71 kursi lowong, yang sebagian pemiliknya belakangan berangkat melalui kloter lain. Sebagian lain tidak bisa berangkat.

"Sehingga kuota yang tidak terpakai tahun ini sebanyak 62 kursi," kata Anwar.

2. Tujuh anggota embarkasi wafat

Tuntas, 18 Ribu Calon Haji Diberangkatkan via Embarkasi Makassar  IDN Times/Aan Pranata

Selama proses pemberangkatan, tujuh orang anggota Embarkasi Makassar meninggal. Satu di antaranya wafat saat tengah menjalani persiapan di Asrama Haji Sudiang Makassar. Enam lainnya meningggal di Mekah dan dimakamkan di sana.

Berikut nama-nama anggota embarkasi yang wafat:

Suhaima Kahar Umar (61 tahun) asal Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Sapan Tumanga Loga (69) asal Makassar, Sulsel

Fatma Thalib Arilaha (71) asal Tidore Kepulauan, Maluku Utara

Marhan Ali Telano (63) asal Kendari, Sulawesi Tenggara

Naser Rajab Husen (79) asal Halmahera Selatan, Maluku Utara

Kasman Muksin Yunus (56) asal Halmahera Selatan, Maluku Utara

Hasanuddin Yusuf Muhammad Zen (56) asal Tidore, Maluku Utara

Baca Juga: Lima Kloter Jemaah Haji Sulsel Tiba di Mekkah

3. Proses debarkasi dimulai 18 Agustus

Tuntas, 18 Ribu Calon Haji Diberangkatkan via Embarkasi Makassar  ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Jemaah yang tiba di Arab Saudi, secara berangsur berkumpul di Mekah untuk menjalankan prosesi ibadah haji. Puncaknya adalah wukuf di Arafah, pada 9 Zulhijjah 1440 Hijriah, yang bertepatan dengan 10 Agustus 2019.

Anwar Abubakar menginformasikan bahwa jemaah yang berada di Tanah Suci, umumnya dalam keadaan sehat. Meski, seperti diketahui, kondisi cuaca di sana relatif lebih panas. Usai menjalankan ibadah, jemaah akan dipulangkan bertahap ke Indonesia.

"Untuk proses pemulangan dimulai tanggal 18 Agustus 2019, dan mudah-mudahan proses debarkasi nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Baca Juga: Jadwal Berubah, 6 Pemberangkatan Haji Embarkasi Makassar Bergeser

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya