Tim SAR Temukan ABK Kapal Keruk Terjatuh di Pelabuhan Paotere

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan, Kamis pagi (1/6/2023) menemukan anak buah kapal yang dilaporkan terjatuh di perairan laut Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan. Pria bernama Tahang, 29 tahun, ditemukan dalam keadaan meninggal.

Tahang dilaporkan jatuh dari Kapal Keruk KTM 1002 Over Barge yang tengah berlabuh di Pelabuhan Paotere Makassar, Selasa malam (30/5/2023). Jasadnya ditemukan pada hari kedua operasi pencarian.

"Korban ditemukan sekitar pukul 08.20 Wita di sisi lambung kiri kapal setelah Tim Sar Gabungan melakukan penyelaman," kata Bustanil dalam keterangannya, Kamis.

Baca Juga: Seorang ABK Kapal Keruk Dilaporkan Hilang di Perairan Makassar

1. Jasad korban dievakuasi ke rumah sakit

Tim SAR Temukan ABK Kapal Keruk Terjatuh di Pelabuhan PaotereSeorang ABK ditemukan tewas usai dilaporkan terjatuh dari kapal yang tengah sandar di Pelabuhan Paotere Makassar. (Dok. Basarnas Sulsel)

Jasad korban yang dua hari tenggelam itu langsung dievakuasi oleh Tim Sar Gabungan menuju ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Setelah itu jenazah diserahkan ke pihak keluarga.

Atas kejadian ini, Basarnas Sulsel menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Operasi pencarian resmi ditutup.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Tim Sar Gabungan yang ikut dalam pencarian korban, semoga kejadian ini menjadi pengalaman bagi para kru kapal agar selalu berhati-hati saat bertugas di atas kapalnya," kata Bustanil.

2. Korban jatuh ke laut

Tim SAR Temukan ABK Kapal Keruk Terjatuh di Pelabuhan PaotereSeorang ABK ditemukan tewas usai dilaporkan terjatuh dari kapal yang tengah sandar di Pelabuhan Paotere Makassar. (Dok. Basarnas Sulsel)

Korban, Tahang, dilaporkan terjatuh dari kapal saat bertugas piket, Selasa malam lalu. Saat itu kapalnya tengah bersandar di Pelabuhan Paotere Makassar.

Pada Rabu pagi, rekan korban hanya menemukan sebuah sendal jepit dan HP milik korban berada di kamar. Hal ini kemudian dilaporkan kepada Polres Pelabuhan Makassar dan diteruskan ke Basarnas.

"Kami menerima laporan adanya ABK yang diduga terjatuh dari kapalnya dan langsung mengerahkan dua tim menuju ke lokasi untuk melakukan pencarian," kata Bustanil.

3. Petugas penyelam dikerahkan

Tim SAR Temukan ABK Kapal Keruk Terjatuh di Pelabuhan PaotereTim SAR gabungan mengerahkan penyelam mencari ABK terjatuh dari kapal sandar di Pelabuhan Paotere Makassar. (Dok. Basarnas Sulsel)

Karena korban dilaporkan terjatuh ke laut, tim SAR gabungan mengerahkan tim penyelam untuk mencari di dalam air sepanjang Rabu. Namun, hingga menjelang petang tanda keberadaan korban tidak ditemukan. Karenanya operasi SAR sempat dihentikan sementara dan dilanjutkan Kamis pagi.

"Beberapa personel bergantian melakukan penyelaman untuk mencari keberadaan korban," Bustanil menerangkan.

Baca Juga: Jokowi Dorong Basarnas Punya Alat Canggih: Tak Ada Anggaran, Ajukan!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya