Tarif Jalan Tol Makassar Bakal Naik, Cek Daftarnya

Berlaku pada lima gerbang tol dari dan menuju bandara

Makassar, IDN Times - PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE), pengelola jalan tol ruas Makassar seksi IV akan memberlakukan penyesuaian tarif dalam waktu dekat.  Akan ada kenaikan tarif pada lima gerbang tol dari dan menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

JTSE mengelola jalan tol ruas Makassar seksi IV yang menghubungkan Bandara Hasanuddin dengan Kawasan Industri Makassar, Pelabuhan Soekarno-Hatta, dan terintegrasi dengan Jalan Tol Seksi 1, 2, dan 3.

“Penyesuaian tarif ini bersifat reguler yang dilakukan setiap dua tahun sekali sesuai dengan regulasi yang berlaku," kata Direktur Utama PT Jalan Tol Seksi Empat Real Chandra, dalam keterangannya, Senin (4/3/2024). 

1. Kenaikan tarif berlaku pada lima gerbang tol

Tarif Jalan Tol Makassar Bakal Naik, Cek DaftarnyaIlustrasi jalan tol. (IDN Times/Larasati Rey)

Penyesuaian tarif tol ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 457/KPTS/M/2024 yang terbit pada 23 Februari 2024. Lima gerbang tol yang mengalami kenaikan tarif adalah: Gerbang Tol Biringkanaya, Tamalanrea, Ramp Parangloe, Ramp Bira Timur, dan Ramp Bira Barat. Penyesuaian tarif reguler ini akan berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Sedangkan lima Gerbang Tol lainnya yang dioperasikan oleh PT Makassar Metro Network (MMN), yaitu Gerbang Tol Cambaya, Kaluku Bodoa, Tallo Barat, Tallo Timur dan Gerbang Utama Parangloe tidak mengalami penyesuaian atau tarifnya tetap.

Real Chandra menyebut 70 persen dari pengguna layanan Jalan Tol Makassar Seksi IV ini baru akan mengalami kenaikan tarif setelah empat tahun. Sebab pada tahun 2021 Kementerian PUPR menetapkan penyesuaian tarif di Jalan Tol Makassar Seksi IV hanya berlaku untuk 30 persen pengguna Jalan tol akibat nilai inflasi yang rendah di tahun tersebut.

"Salah satu hal yang mendorong penerapan penyesuaian tarif ini adalah peningkatan nilai inflasi Kota Makassar dalam 2 tahun terakhir, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) rata-rata sebesar 4,6 persen pe rtahun," ucapnya.

2. Kenaikan tarif bukan karena beroperasinya tol Makassar New Port

Tarif Jalan Tol Makassar Bakal Naik, Cek DaftarnyaFoto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/1/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Jalan Tol Makassar menerapkan pembayaran sistem terbuka, yang artinya pengguna jalan akan membayar tarif yang sama untuk masing-masing golongan kendaraan. Selain dipengaruhi oleh peningkatan inflasi Kota Makassar, penetapan penyesuaian tarif juga telah dievaluasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penyesuaian tarif berdasarkan pemenuhan aspek Standar Pelayanan Minimal (SPM) seperti kondisi jalan tol, kecepatan tempuh, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan dan bantuan pelayanan, lingkungan dan beautifikasi di jalan tol. Semua itu ebagai upaya pengelola jalan tol untuk meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur jalan sehingga dapat tetap dilewati pengendara dengan aman dan nyaman.

Di Kota Makassar, terdapat dua operator dan pengelola jalan tol yang terintegrasi yakni Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) dan Makassar Metro Network (MMN). JTSE menghubungkan Bandara Sultan Hasanuddin, Kawasan Industri Makassar dan pelabuhan Soekarno Hatta sedangkan MMN menghubungkan Pelabuhan Soekarno Hatta dan jalan protokol AP. Pettarani Makassar. 

JTSE juga belum lama ini menambah ruas Jalan tol sepanjang 3,2 Km dengan beroperasinya Jalan Akses Tol Makassar New Port (Akses MNP) yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Tanggal 22 Februari 2024. Real Chandra menegaskan bahwa penyesuaian tarif yang akan segera diberlakukan adalah penyesuaian tarif reguler dan bukan karena pengoperasian akses tol MNP.

3. Berikut ini kenaikan tarif pada lima terbang jalan tol di Makassar yang segera berlaku

Tarif Jalan Tol Makassar Bakal Naik, Cek DaftarnyaPenyesuaian tarif jalan tol di Makassar. (Dok. JTSE)
Tarif Jalan Tol Makassar Bakal Naik, Cek DaftarnyaPenyesuaian tarif jalan tol di Makassar. (Dok. JTSE)

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya