Syahrul Yasin Limpo Tersangka, Tiga Bersaudara Terjerat Korupsi

Dua adik Syahrul sudah dihukum terkait kasus korupsi

Makassar, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (11/10/2023), mengumumkan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Syahrul diduga menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu untuk proses lelang jabatan, termasuk ikut serta dalam pengadaan barang dan jasa, serta gratifikasi di Kementerian Pertanian.

KPK turut menetapkan dua tersangka lain di lingkungan Kementan. Masing-masing Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian Muhammad Hatta dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

“Diperoleh kecukupan alat bukti untuk dinaikkan ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka SYL, KS, dan MH,” ujar Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, Rabu (11/10/2023).

Kasus dugaan korupsi yang menjerat Syahrul menambah riwayat kasus serupa di keluarganya. Sebelumnya, dua saudara Syahrul juga terjerat kasus korupsi dan telah dijatuhi hukuman pidana. Berikut uraiannya:

Baca Juga: KPK Ungkap Ada Persekongkolan di Kasus Syahrul Yasin Limpo

1. Dewie Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo Tersangka, Tiga Bersaudara Terjerat KorupsiDewie Yasin Limpo (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Adik Syahryl, Dewie Yasin Limpo ditangkap KPK pada Oktober 2015, saat berstatus anggota DPR Komisi VII dari Partai Hanura. Dia ditangkap terkait suap menyangkut rencana pembangunan pembangkit listrik di Kabupaten Deiyai, Papua. 

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis penjara enam tahun dan denda Rp200 juta subsider tiga bulan penjara kepada Dewie. Putusan yang lebih ringan dari tuntutan jaksa yaitu sembilan tahun penjara.

Dewie sudah selesai menjankan hukumannya. Dia bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada 25 Agustus 2022.

2. Haris Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo Tersangka, Tiga Bersaudara Terjerat KorupsiHaris Yasin Limpo ditahan oleh Kejati Sulsel dalam kasus korupsi PDAM Kota Makassar, Selasa (11/4/2023). IDN Times/Aan Pranata

Haris Yasin Limpo yang juga adik Syahrul ditahan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan pada 11 April 2023 sebagai tersangka kasus korupsi di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makasar. Haris merupakan Direktur Utama PDAM Makassar periode 2016-2019.

Haris terjerat perkara tindak pidana korupsi pembayaran tantiem dan bonus/jasa produksi tahun 2017 sampai 2019 dan premi asuransi dwiguna jabatan walikota dan wakil wali kota tahun 2018-2019. Kejati turut menahan satu tersangka lain, Irawan Abadi, eks Direktur Keuangan PDAM Makassar.

Pada 5 September 2023, majelis hakim Pengadilan Negeri Makassar menyatakan Haris terbukti bersalah. Hakim menjatuhkan vonis 2,5 tahun penjara dan denda Rp600 juta.

3. Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo Tersangka, Tiga Bersaudara Terjerat KorupsiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

KPK menetapkan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan dua anak buahnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Kasus itu terkait penyalahgunaan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu untuk proses lelang jabatan termasuk ikut serta dalam pengadaan barang dan jasa serta gratifikasi di Kementerian Pertanian.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan Syahrul diduga meminta dua anak buahnya yakni Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Muhammad Hatta untuk menarik uang dari pejabat eselon I dan eselon II. Besarannya mulai dari 4 ribu sampai dengan 10 ribu dolar Amerika Serikat. Syahrul dan dua anak buahnya diduga menikmati uang haram senilai Rp13,9 miliar.

"Sejauh ini uang yang dinikmati SYL bersama-sama dengan KS dan MH sejumlah sekitar Rp13,9 miliar," ujar Tanak, Rabu (11/10/2023).

Tanak mengatakan, setoran bulanan dari bawahan diterima Syahrul melalui Kasdi dan Hatta setiap bulan. Uang itu diduga digunakan Syahrul Yasin Limpo untuk berbagai keperluan pribadi dan keluarganya.

"Penggunaan uang oleh SYL yang juga diketahui KS dan MH antara lain untuk pembayaran cicilan kartu kredit dan cicilan pembelian mobil Alphard milik SYL," ujar Tanak.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo dan 2 Anak Buahnya Diduga Korupsi Rp13,9 M

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya