Sulsel Target Kunjungan Dua Juta Wisatawan Domestik di 2022

Saat ini jumlah kunjungan disebut mencapai 300 ribu

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan kunjungan dua juta wisatawan domestik serta 10 ribu wisatawan mancanegara pada tahun 2022. Target itu dianggap realistis, mengingat kondisi perekonomian yang membaik serta pintu perbatasan daerah dan negara dilonggarkan.

"Mulai membaiknya kondisi saat ini seiring dengan melandainya kasus COVID-19, kami optimistis target kunjungan tahun ini akan tercapai," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Devo Khadaffi, dikutip dari Antara, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: 4 Desa Wisata di Sulsel yang Masuk 50 Besar ADWI, Yuk Berkunjung!

1. Orang semakin mudah bepergian

Sulsel Target Kunjungan Dua Juta Wisatawan Domestik di 2022Rammang-Rammang di Kabupaten Maros. Indra Abriyanto untuk IDN Times

Devo mengatakan, target kunjungan wisatawan kemungkinan terpenuhi, dengan melihat melihat sejumlah indikator di lapangan. Kondisinya kini disebutjauh lebih baik dibandingkan saat kasus COVID-19 masih tinggi tahun lalu.

Salah satu indikator adalah kemudahan bepergian bagi yang sudah melakukan dua kali vaksin untuk perjalanan antarprovinsi ataupun ke luar negeri.

2. Didukung berbagai event dalam kalender pariwisata

Sulsel Target Kunjungan Dua Juta Wisatawan Domestik di 2022Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Devo Khadafi. IDN Times/Asrhawi Muin

Selain itu, lanjut Devo, capaian kunjungan wisnus hingga saat ini sudah mencapai 300 ribu orang. Karena itu dengan memperbanyak kegiatan pariwisata, maka diyakini target tersebut akan tercapai akhir tahun ini.

"Langkah untuk menarik banyak wisnus adalah memperbanyak event pariwisata yang masuk dalam kalender pariwisata," katanya.

3. Pemerintah daerah diminta berkreasi

Sulsel Target Kunjungan Dua Juta Wisatawan Domestik di 2022Warga menanti saat berbuka puasa (ngabuburit) di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/4/2022). Sebagian umat muslim di Makassar memilih menunggu saat berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat di Anjungan Pantai Losari Makassar sambil menikmati matahari tenggelam (sunset). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Tahun ini, lima kegiatan wisata di Sulsel masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Lima kegiatan tersebut adalah Festival Budaya To Berru di Kabupaten Barru, Festival Phinisi di Kabupaten Bulukumba, Festival Salo Karajae di Kota Pare-pare, Festival Takabonerate di Kabupaten Kepualaun Selayar, dan F8 Makassar di Kota Makassar.

Devo mengatakan, masing-masing dari 24 pemkab/pemkot di Sulsel diharapkan mampu berkreasi untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata di era adaptasi normal baru ini.

Baca Juga: 9 Potret Gua Mimpi Bantimurung, Wisata Alam Penuh Misteri di Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya