Staf Ahli Kemenhub Belajar Pengembangan BRT di Tiongkok

Menggali wawasan soal efisiensi dan keteraturan transportasi

Makassar, IDN Times - Staf Ahli Menteri Perhubungan Robby Kurniawan mengadakan serangkaian kunjungan kerja di tiga lokasi di Tiongkok dalam rangka menggali wawasan tentang pengembangan sistem transportasi umum.

Kunjungan berlangsung selama tiga hari pada 21 hingga 23 Agustus 2023. Tiga lokasi yang dikunjungi adalah Shanghai Municipal Transportation Commission, Chengshan Road Complex Depot, dan mengunjungi BYD Factory.

Baca Juga: Kemenhub Akan Bentuk Tim Peneliti Rangka eSAF Honda

1. Belajar soal pendanaan hingga manajemen jaringan BRT

Staf Ahli Kemenhub Belajar Pengembangan BRT di TiongkokStaf ahli Kementerian Perhubungan Robby Kurniawan berkunjung ke Tiongkok untuk menggali wawasan tentang manajemen pengelolaan transportasi umum khususnya BRT. (Dok. Istimewa)

Di Shanghai Municipal Transportation Commission, Robby Kurniawan memperoleh pemahaman mendalam tentang perencanaan, operasi, dan manajemen jaringan Bus Rapid Transit (BRT). Tidak hanya itu, Robby juga mendalami sistem bus, lembaga BRT, pembiayaan, dan kebijakannya.

"Kami berdiskusi mengenai sisi pembiayaan BRT; bagaimana Shanghai menemukan sumber pendanaan, Non-Expenditure, LVC, dan sebagainya," terang Robby dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).

2. Kemenhub gali wawasan soal keteraturan dan efisiensi operasional layanan bus

Staf Ahli Kemenhub Belajar Pengembangan BRT di TiongkokIlustrasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. (IDN Times/Dhana Kencana)

Robby menerangkan, dia mengunjungi Shanghai Municipal Engineering Desing Institute untuk berdiskusi dengan produsen bus listrik yang diundang mengenai implementasi, teknologi, infrastruktur, dan aspek operasional bus listrik, mempelajari tentang ART (Autonomous Rapid Transit), dan juga belajar mengenai bus listrik bersama Yutong.

Kunjungannya di Chengshan Road Complex Depot, Robby Kurniawan mempelajari sistem operasional dan pemeliharaan armada bus sekaligus melihat infrastruktur perawatan dan fasilitas pendukung, termasuk infrastruktur untuk mendukung operasional Bus Listrik, serta mendapatkan wawasan tentang manajemen dan efisiensi dalam pengoperasian layanan bus.

3. Ada kunjungan langsung ke industri manufaktur bus

Staf Ahli Kemenhub Belajar Pengembangan BRT di TiongkokStaf ahli Kementerian Perhubungan Robby Kurniawan berkunjung ke Tiongkok untuk menggali wawasan tentang manajemen pengelolaan transportasi umum khususnya BRT. (Dok. Istimewa)

Robby Kurniawan juga mencoba layanan BRT Route 71 sekaligus mengunjungi dispatching center untuk mempelajari pengelolaan operasional secara real-time, koordinasi layanan, pemantauan jaringan, pengaturan jadwal, serta bagaimana teknologi dan sistem informasi mendukung efisiensi dan keteraturan layanan BRT.

"Mengunjungi Hongqiao Integrated Transportation Hub untuk mempelajari integrasi berbagai moda transportasi mulai dari Maglev, Bus, Pesawat, Kereta Cepat, dan sebagainya," katanya.

Di BYD Factory, Robby Kurniawan menyatakan kunjungannya tersebut bertujuan untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan industri manufaktur bus, kemajuan teknologi, serta peluang bisnis potensial, mempelajari harga bus.

"Termasuk faktor-faktor yang memengaruhi penetapan harga, dan menjelajahi berbagai pilihan pembelian yang tersedia," pungkasnya.

Baca Juga: Resmi Beroperasi! BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri, Cek Tarifnya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya