Siswa SMP Belajar Kepelabuhanan di Pelindo Regional 4 Makassar

Memperkaya wawasan lewat program Outing Class

Makassar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 menyambut kunjungan siswa SMP Laniang Makassar, Senin (13/5/2024), sebagai salah satu program pengenalan kepelabuhanan.

Kegiatan itu diikuti 46 siswa kelas 7 dan 8 dengan 15 guru pendamping. Kunjungan dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan tentang kepelabuhanan. Di antaranya mengenalkan fungsi pelabuhan, perekrutan, dan sistem kerja di Pelindo, serta membawa para siswa berkiunjung ke Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar.

"Program ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat belajar para siswa khususnya dalam menggapai cita-cita mereka di masa depan. Karena tidak menutup kemungkinan ke depannya mereka adalah calon karyawan di Pelindo," kata General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin dalam keterangan pers yang dikutip, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: Pelindo Regional 4 Catat 667 Ribu Penumpang selama Masa Lebaran 2024

1. Pelindo memperkenalkan peran pelabuhan dalam kemajuan wilayah

Siswa SMP Belajar Kepelabuhanan di Pelindo Regional 4 MakassarPenumpang kapal di Pelabuhan Makassar pada masa arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 2024. (Dok. Pelindo Regional 4)

Iwan mengatakan, dalam kunjungan para siswa SMP, pihakny memperkenalkan fungsi dan peran pelabuhan dalam kemajuan wilayah. Khususnya Makassar yang menjadi pintu gerbang kawasan Indonesia tengah dan timur.

“Dalam sistem transportasi, pelabuhan adalah gateway (pintu gerbang) dari suatu wilayah. Jika pintu gerbangnya besar pasti wilayahnya bagus. Sebaliknya jika pintu gerbangnya kecil, berarti wilayahnya masih terbelakang,” ujarnya saat memberikan materi di hadapan para siswa dan guru.

Iwan lalu mencontohkan Singapura yang merupakan negara dengan luas wilayah yang kecil, namun sangat maju berkat peranan pelabuhannya yang sangat modern. Sehingga Singapura menjadi pintu gerbang distribusi bongkar muat barang perdagangan di Asia Tenggara, yang membuat pendapatannya sangat besar.

Demikian juga dengan Pelabuhan Makassar yang memiliki potensi pendapatan yang tinggi karena merupakan pintu gerbang distribusi bongkar muat barang perdagangan untuk wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. “Salah satu contoh barang yang dibongkar di Pelabuhan Makassar yaitu mobil yang kisarannya sekitar 8.000 hingga 10.000 unit dalam setiap bulannya,” sebut dia.

“Pelindo menyediakan lapangan dan gudang untuk bongkar muat barang, di mana truk dan kapal beroperasi di sana,” dia melanjutkan.

2. Siswa diberi pengalaman belajar di luar kelas

Siswa SMP Belajar Kepelabuhanan di Pelindo Regional 4 MakassarPelindo Regional 4 menerima kunjungan siswa SMP Laniang Makassar untuk belajar tentang kepelabuhanan. (Dok. Pelindo Regional 4)

Sukmawati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Laniang mengucapkan terima kasih atas sambutan Pelindo. Dia menerangkan bahwa Outing Class merupakan Program Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, sebagai bagian dari pembelajaran pelajar Pancasila.

Adapun tujuan dari Outing Class SMP Laniang yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Makassar ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar di luar kelas yang berbeda. Hal itu diharapkan memotivasi semangat belajar dan menambah wawasan para siswa dan guru.

“Membuat anak-anak kami menjadi bersemangat dan memiliki mimpi baru suatu hari kelak di masa depannya. Dengan belajar giat, mencerdaskan diri akan memberi peluang mendapatkan pekerjaan besar seperti bapak ibu yang bekerja di Pelindo,” bebernya.

"Siswa sangat senang saat melakukan simulasi di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar, cosplay menjadi penumpang yang akan berangkat naik kapal dengan menyetorkan tiket pada petugas dan atau cek barang bawaan sebelum naik ke kapal," ujarnya.

3. Belajar kepelabuhanan memperluas wawasan siswa

Siswa SMP Belajar Kepelabuhanan di Pelindo Regional 4 MakassarAktivitas bongkar muat di Pelabuhan Makassar New Port memanfaatkan listrik PLN. (Dok. PLN Sulselrabar)

Gregoria Selina, Siswi Kelas VII yang juga Ketua OSIS SMP Laniang menuturkan bahwa dirinya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pelindo Regional 4. “Karena saya bisa mengetahui secara langsung tentang apa saja kegiatan yang ada di Pelindo dan juga di Pelabuhan Makassar, termasuk semua aktivitas pelayanan yang ada di dalamnya," kata dia.

“Saya juga merasa sangat senang dan bahagia karena outing class kali ini menyangkut dengan hal kemaritiman atau laut, serta dengan adanya belajar di luar kelas ini, wawasan saya menjadi lebih luas tentang kemaritiman,” dia menambahkan.

Baca Juga: Pejalan Kaki Bayar Masuk Pelabuhan Makassar, Pelindo: Bukan Pungli

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya