Sejumlah Kalangan Tolak Pemutaran Film Dilan 1991 di Makassar

Dilan 1991 mulai ditayangkan serentak hari ini di bioskop

Makassar, IDN Times - Pemutaran perdana film Dilan 1991 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/2) diiringi sejumlah penolakan oleh kalangan tertentu. Film garapan sutradara Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini ditolak, karena dianggap mempertontonkan adegan yang bertentangan dengan nilai moral.

Salah satu penolakan disampaikan Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan Nasional. Mereka berdemonstrasi di depan Mal Panakkukang, Jalan Boulevard Makassar, sebagai bentuk protes terhadap pemutaran film. Aliansi meminta pengelola jaringan bioskop se-Makassar agar menarik Dilan 1991 dari daftar putar.

“Tayangan film Dilan 1991 mempertontonkan adegan amoral dan asusila yang bertentangan dengan KUHP,” kata Mika, jenderal lapangan dalam unjuk rasa.

Baca Juga: Sissy Menangis, 10 Potret Haru Dukungan Keluarga Pemeran Dilan 1991

1. Pemerintah diminta turun tangan

Sejumlah Kalangan Tolak Pemutaran Film Dilan 1991 di MakassarIDN Times / Aan Pranata

Dalam lembaran pernyataan sikap yang diperoleh IDN Times, Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan Nasional menilai banyak adegan pada film Dilan 1991 yang melanggar hukum. Mereka merujuk Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang kegiatan perfilman dan usaha perfilman, yakni mempertontonkan adegan asusila dan amoral. 

Aliansi yang diwakili belasan mahasiswa meminta agar pemerintah, melalui Dinas Pendidikan Kota Makassar, melarang penayangan film di seluruh wilayah kota.

“Film ini melecehkan guru sebagai tenaga pendidik yang menanamkan nilai-nilai kebaikan terhadap generasi muda,” bunyi pernyataan sikap.

2. Film Dilan sudah lulus sensor

Sejumlah Kalangan Tolak Pemutaran Film Dilan 1991 di MakassarInstagram/dilanku

Pegiat Serikat Kritikus Film Makassar Yudhistira Sukatanya menilai penolakan terhadap Dilan 1991 tidak lagi relevan. Demikian juga dengan perdebatan soal layak tidaknya. Sebab film tersebut sudah melalui lulus sensor sebelum dilepas ke publik.

Hanya saja, Yudhistira menilai selama ini memang masyarakat tidak memperoleh transparansi soal sensor film. Film yang layak tayang tidak dijelaskan penilaian dan alasannya lulus sensor. Akibatnya, masyarakat pun perlu melakukan penyaringan secara mandiri terhadap berbagai tayangan.

“Kita perlu lembaga sensor film yang kredibel. Masyarakat pun punya alat sensor mandiri. Kalau tidak suka atau tidak setuju, ya jangan nonton. Itu hukuman sosial bagi pembuat film yang tidak peduli tanggung jawab sosial,” ucapnya.

3. Dilan dan Milea tayang di berbagai studio

Sejumlah Kalangan Tolak Pemutaran Film Dilan 1991 di Makassardevicinemas.in

Film Dilan 1991 diangkat dari buku Pidi Baiq, yakni Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991. Film ini kembali menceritakan kisah cinta Dilan dan Milea di Kota Bandung, Jawa Barat. Seperti prekuelnya, Dilan 1990, kali ini film akan kembali diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan serta Vanesha Priscilla sebagai Milea.

Di Makassar, film Dilan 1991 diputar di berbagai bioskop. Jaringan 21Cineplex misalnya, menayangkan film pada 27 studio teater di berbagai lokasi bioskop. Rata-rata studio menayangkan empat hingga lima kali dalam sehari.

Baca Juga: Sissy Menangis, 10 Potret Haru Dukungan Keluarga Pemeran Dilan 1991

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya