Satu Warga Sulsel Tewas Ditembak KKB di Deiyai Papua

Jasad korban dipulangkan ke kampung halamannya

Makassar, IDN Times - Seorang warga sipil tewas ditembak oleh pelaku kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Aula DPRD Deiyai, Papua, Minggu malam (26/6/2022). Korban merupakan seorang pria bernama Enal, 33 tahun, asal Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri membenarkan soal penembakan itu.

"Minggu malam, ada penembakan yang menewaskan seorang warga saat sedang berolahraga, yakni bermain bulutangkis," kata Kapolda dikutip dari Antara, Senin (27/6/2022).

1. Ada dua kelompok KKB yang dicurigai

Satu Warga Sulsel Tewas Ditembak KKB di Deiyai PapuaKapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (ANTARA/Evarukdijati)

Kapolda mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan pelaku penembakan dari kelompok mana. Karena di wilayah Deiyai ada dua kelompok KKB yang senantiasa mengganggu keamanan. KKB Paniai dan KKB Intan Jaya.

"Saat ini tim dari Satgas Damai Cartenz sudah ke TKP (tempat kejadian perkara) guna menyelidiki kasus tersebut," kata Irjen Fakhiri.

2. Korban ditembak saat berolahraga

Satu Warga Sulsel Tewas Ditembak KKB di Deiyai PapuaIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

KKB dilaporkan menembak warga yang sedang berolahraga di aula DPRD Deiyai di Wagete, Minggu malam sekitar pukul 21.30 WIT. Penembakan itu menyebabkan tewasnya satu orang warga, yakni Enal.

Dari keterangan saksi, ada tiga orang yang masuk ke aula dan salah satunya membawa senjata laras panjang hingga menewaskan korban.

3. Jasad korban dipulangkan ke Sulsel

Satu Warga Sulsel Tewas Ditembak KKB di Deiyai PapuaIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolda mengatakan, dari lokasi, jenazah korban dibawa ke RSUD Madi, Kabupaten Paniai. Jenazah dijadwalkan dievakuasi ke Makasar, Sulawesi Selatan, Senin hari ini.

Rencananya, jasad korban penembakan akan dimakamkan di kampung halaman, di Kabupaten Barru.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya