Sambut Jemaah Haji Malut, PPIH: Jalan Pintas Masuk Surga

Haji mabrur tercermin saat kembali ke Tanah Air

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar menyambut kedatangan kloter 11, di Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin (1/7/2024). Kloter ini berisi jemaah haji asal Provinsi Maluku Utara.

Kepala Bidang Dokumen PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar Ali Yafid, mewakili penyerahan jemaah haji kepada pemerintah daerah Malut. Dalam sambutannya, dia mengungkap bahwa ada ada dua alasan penting kenapa umat Islam melaksanakan ibadah haji. Yang pertama untuk melengkapi rukun Islam, dan kedua karena berhaji adalah jalan pintas masuk surga.

Al hajjul mabruuru laisa lahu jazaa-un illal jannah. Haji yang mabrur tiada balasannya selain surga,” ucap Ali Yafid menukil hadis Nabi tentang kemabruran haji.

Baca Juga: 66 Ribu Jemaah Haji dan Petugas Sudah Dipulangkan ke Tanah Air

1. Baitullah jadi tempat pertobatan

Sambut Jemaah Haji Malut, PPIH: Jalan Pintas Masuk SurgaSuasana Jabal Rahmah jelang Wukuf di Arafah, Sabtu (15/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Menurut Kabag TU Kanwil Kemenag Sulsel ini, seseorang yang naik haji dijanjikan pengampunan dosa oleh Allah. Sebesar apa pun dosanya jika ia menjalankan ibadah haji dengan ikhlas dan sesuai dengan tuntunan syariat, maka akan diampuni.

“Baitullah itu tempat pertobatan sampai hari ini. Maka berbahagialah bagi mereka yang berangkat ke Tanah Suci untuk memenuhi panggilan Allah dengan memperoleh haji mabrur karena balasannya adalah surga,” ucapnya.

2. Haji mabrur tercermin usai kembali ke Tanah Air

Sambut Jemaah Haji Malut, PPIH: Jalan Pintas Masuk SurgaJemaah haji kloter 15 Embarkasi Makassar mengenakan pakaian ihram sejak jelang keberangkatan ke Arab Saudi, Kamis malam (25/4/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ali melanjutkan, mabrurnya haji baru bisa diukur ketika jemaah kembali ke Tanah Air. Hal itu bisa terlibat di lingkungan masyarakat tempatnya berasal.

“Apa yang dilakukan di Tanah Suci, termasuk dengan senantiasa memelihara ibadah, akhlak, etika, kesopanan, dan tutur kata setibanya di tanah air, maka saya yakin hajinya mabrur dan dengan demikian Maluku Utara akan menjadi provinsi yang aman, tenang dan sejahtera,” kata dia.

3. Jemaah Maluku Utara transit di Makassar

Sambut Jemaah Haji Malut, PPIH: Jalan Pintas Masuk SurgaPPIH Embarkasi Makassar menyambut kedatangan jemaah haji kloter 11, Senin (1/7/2024). (Dok. Kemenag Sulsel)

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, Amar Manaf, mewakili Pemerintah Provinsi Maluku Utara menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada PPIH Debarkasi Makassar. Dia juga mengingatkan pengorbanan jemaah haji yang sudah berjuang selama 42 hari.

“Untuk itu jagalah haji Bapak Ibu, Insya Allah mabrur. Keluarga di Ternate sudah rindu. Tugas kami adalah berusaha memberikan layanan terbaik dan membantu agar rindu sama rindu segera ketemu,” tuturnya.

Kakanwil Amar Manaf juga menyampaikan bahwa jemaah Maluku Utara diinapkan selama satu malam di Asrama Haji Sudiang Makassar. Jemaah dijadwalkan pulang ke Ternate pada Selasa dalam tiga penerbangan.

Kloter 11 beranggotakan 448 orang. Duaanggota jemaah tidak turut ke Tanah Air karena sedang dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

Baca Juga: DPR Bakal Usut Dugaan Pengalihan Kuota Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya