Rusdi Masse dan Fatmawati, Suami-Istri Caleg NasDem Lolos ke DPR RI

RMS dan Fatmawati maju di dapil berbeda di Sulsel

Makassar, IDN Times - Pasangan suami-istri asal Sulawesi Selatan, Rusdi Masse Mappasessu dan Fatmawati Rusdi terpilih sebagai calon legislatif DPR RI periode 2024-2029. Keduanya sama-sama mencalonkan diri melalui Partai NasDem.

Rusdi Masse lolos melalui daerah pemilihan Sulawesi Selatan III. Sedangkan Fatmawati Rusdi melenggang ke Senayan via dapil Sulawesi Selatan I.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel telah merampungkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Umum 2024, Senin (11/3/2024). Termasuk untuk pemilihan legislatif DPR RI, yang menunjukkan daftar calon terpilih pada tiga daerah pemilihan. 

"Pada malam hari ini kita telah selesai membacakan (formulir) D hasil semua jenis pemilihan, semua tingkatan," kata Koordinator Divisi Teknis KPU Sulsel Ahmad Adiwijaya, pada rapat pleno di Hotel Claro di Makassar, Senin malam.

Rusdi Masse dan Fatmawati Rusdi merupakan pasangan tokoh politik. Rusdi Masse, Ketua DPW NasDem Sulsel, berstatus petahana DPR RI. Sedangkan istrinya, Fatmawati, merupakan Bendahara DPP NasDem, yang belum lama ini melepas jabatan Wakil Wali Kota Makassar untuk bertarung di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Berikut ini fakta dan datanya:

Baca Juga: Daftar Caleg DPR RI Terpilih dari Sulsel di Pemilu 2024

1. Rusdi Masse mengumpulkan suara terbanyak di Dapil Sulsel III

Rusdi Masse dan Fatmawati, Suami-Istri Caleg NasDem Lolos ke DPR RIKetua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse bersama jajaran pengurus partainya saat mendaftar ke KPU Sulsel, beberapa waktu lalu. (Dok. Istimewa)

Di dapil Sulsel III, Partai NasDem meraih suara terbanyak dengan total 389.947 suara. Dapil ini meliputi Kabupaten Toraja Utara, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

NasDem jadi satu-satunya partai politik meloloskan dua calegnya di dapil ini, keduanya petahana. Salah satunya Rusdi Masse, dengan perolehan 161.301 suara, atau terbanyak di antara seluruh calon di dapil Sulsel III. Satu petahana lain yang lolos adalah Eva Stevany Rataba, dengan perolehan suara 73.910.

Sebelum menjadi anggota DPR RI pada tahun 2019, Rusdi Masse merupakan Bupati Sidrap dua periode, pada 2008-2018.

2. Gantikan SYL, Fatmawati melenggang lewat dapil Sulsel II

Rusdi Masse dan Fatmawati, Suami-Istri Caleg NasDem Lolos ke DPR RIFatmawati Rusdi menyampaikan pidato perpisahan usai mundur dari jabatan Wali Kota Makassar, Kamis (2/11/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Fatmawati Rusdi lolos ke DPR RI sebagai caleg NasDem di dapil Sulsel I. Dapil ini meliputi Kabupaten Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Takalar, dan Kota Makassar.

Di dapil Sulsel I, NasDem meraih suara terbanyak, yaitu 279.914 suara. Fatmawati jadi satu-satunya caleg NasDem lolos di dapil ini, dengan mengumpulkan 106.806 suara.

Fatmawati sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Makassar sejak tahun 2021, hingga November 2023. Dia memutuskan maju di Pemilu 2024, dengan menggantikan Syahrul Yasin Limpo di daftar caleg NasDem.

Ini bukan pengalaman pertama Fatmawati di Senayan. Sebelumnya dia pernah menjabat anggota DPR RI dari PPP, pada tahun 2014 hingga 2018. Pada Pemilu serentak 2018, dia mencalonkan diri sebagai Bupati Sidrap, tapi tidak terpilih.

3. NasDem loloskan lima caleg DPR RI dari Sulsel

Rusdi Masse dan Fatmawati, Suami-Istri Caleg NasDem Lolos ke DPR RISilaturahmi dan Koonsolidasi DPW Partai NasDem Sulsel di Pinrang, Minggu (3/3/2024). (Dok. NasDem Sulsel)

Dari tiga daerah pemilihan, Sulsel diwakili 24 legislator di DPR RI. Masing-masing delapan di Sulsel I, sembilan di Sulsel II, dan tujuh di Sulsel III.

Menurut hasil rekapitulasi KPU, pada Pemilu 2024 Gerindra jadi partai di Sulsel yang meloloskan caleg terbanyak ke DPR RI, dengan lima kursi. Lalu NasDem meloloskan empat kursi, Golkar dan PAN masing-masing tiga kursi. Ada empat partai meloloskan dua wakil, yaitu PKS, PPP, PKB, dan Demokrat. Sedangkan PDIP satu kursi.

Di tingkat pemilihan DPRD Provinsi, NasDem keluar sebagai pemenang di Sulsel dengan mengumpulkan 17 kursi. NasDem bakal mengunci jabatan Ketua DPRD Sulsel, jadi partai pertama menggeser Golkar, yang selama ini selalu jadi pemenang Pemilu di Sulsel.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulsel Mustaqim Musma menyebut keberhasilan partainya menggoyahkan peta kekuatan politik regional tak terlepas dari tangan dingin Ketua DPW Rusdi Masse Mappasessu (RMS). Demikian pula para jajaran pengurus partai, terutama Sekretaris NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif.

Menjabat Ketua DPW NasDem Sulsel sejak 2016, Rusdi Masse mampu mengubah dinamika politik di daerahnya. Sebelum dia memimpin, NasDem punya tujuh wakil di DPRD Sulsel. Pada 2019, jumlah kursi bertambah jadi sebelas sekaligus dapat jatah wakil ketua.

"Rusdi Masse effect ini nyata. Apa yang diraih NasDem se-Sulsel hari ini tak lepas dari gerakan politik kemanusian yang selalu diberikan contoh oleh Kaka RMS (Rusdi Masse)," kata Mustaqim dalam keterangan persnya, Sabtu (3/3/2024).

Baca Juga: NasDem Percaya Diri Siapkan Kader di Pilgub Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya