Real Count Sementara KawalPemilu, Anies-Muhaimin Unggul di Sulsel

Hasil penghitungan suara sementara dari 114 TPS

Makassar, IDN Times - Pasangan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) unggul di Provinsi Sulawesi Selatan menurut hasil penghitungan suara (real count) sementara dari tempat pemungutan suara (TPS) versi KawalPemilu.

Menurut real count di laman kawalpemilu.org, hingga Rabu (14/2/2024) pukul 16.46 Wita, pasangan AMIN memperoleh 50,09 persen suara. Perolehan suara mereka lebih tinggi dari pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yakni 46,25 persen, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, 3,66 persen.

Hasil penghitungan suara itu dihimpun dari 114 TPS dari total 26.357 TPS di Sulsel. Perolehan suara sementara ini belum bisa menggambarkan hasil akhir, karena baru mencakup data suara dari 0,43 persen TPS.

KawalPemilu merupakan inisiatif urun-daya (crowdsourcing) netizen Indonesia PRO DATA. Data mereka dihimpun dari hasil penghitungan suara di tingkat TPS, yaitu formulir C.HASIL-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon).

KawalPemilu menjadi tempat untuk mencocokan data dari TPS sampai tabulasi tingkat nasional. Data dihimpun dari anggota masyarakat, para saksi TPS, para pengawas Pemilu, dan juga semua anggota panitia KPPS dan tim sukses partai / paslon, yang telah diverifikasi.

Untuk tingkat nasional, real count sementara menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 53,55 persen suara. Disusul pasangan AMIN dengan perolehan 28,77 persen, dan Ganjar-Mahfud 17,68 persen.

Data sementara tingkat nasional baru mencakup 0,26 persen suara, yakni 2.144 TPS dari total 823.359 TPS se-Indonesia.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Harap Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 Lebih Tinggi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya