Real Count: Petahana Suardi-Aska Menangi Pilkada Barru

Calon yang meninggal hari pemilihan dapat 34,1 persen suara

Makassar, IDN Times – Data Hitung Suara atau real count Pilkada Barru 2020 sudah rampung. Calon petahana Suardi Saleh yang berpasangan dengan Aska Mappe meraih suara terbanyak dengan perolehan 46,2 persen.

Data yang dipantau di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) sudah menghimpun seratus persen dari 449 TPS yang tersebar di tujuh kecamatan se-Barru.

Pilkada Barru 2020 diikuti tiga pasangan calon. Suardi-Aska diusung Partai NasDem, PDIP, PKS, dan Demokrat. Dua paslon lain, masing-masing, Mudassir Hasri Gani-Aksa Kasim yang didukung PKB dan PPP, serta Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum.

Baca Juga: Real Count 8 Pilkada di Sulsel Rampung, Ini Hasilnya

1. Suardi-Aska unggul 12,1 persen suara

Real Count: Petahana Suardi-Aska Menangi Pilkada Barrupilkada2020.kpu.go.id

Berdasarkan real count, Suardi Saleh-Aska Mappe mengumpulkan total 48.934 suara. Perolehan suara mereka unggul 12,1 persen atas pesaing terdekat, Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum.

Malkan yang meninggal di hari pemungutan suara 9 Desember, bersama pasangannya, mengumpulkan total 36.107 suara atau 34,1 persen. Paslon lain, Mudassir-Aksa meraih total 20.931 suara atau dengan perolehan 19,8 persen.

2. Perolehan suara di setiap kecamatan hampir sama

Real Count: Petahana Suardi-Aska Menangi Pilkada BarruPaslon Bupati Barru nomor urut 2, Suardi Saleh-Aska Mappe saat debat kandidat Pilkada Barru di Hotel Gammara Makassar, Selasa (27/10/2020). Tangkapan layar

Menurut data yang dikutip dari laman pilkada2020.kpu.go.id, pasangan Suardi-Aska meraih kemenangan di enam dari tujuh kecamatan. Perolehan suara mereka cuma kalah di Kecamatan Barru, di mana suara terbanyak diraih pasangan Malkan-Salahuddin.

Real count bersumber dari foto hasil penghitungan suara di seluruh TPS. Pemenang pilkada ditentukan dari rapat pleno terbuka rekapitulasi yang digelar berjenjang.

Hingga berita dihimpun, rekapitulasi penghitungan suara melalui rapat pleno terbuka di KPU Barru masih berlangsung.

3. KPU Barru mencatat 130.289 pemilih

Real Count: Petahana Suardi-Aska Menangi Pilkada BarruIlustrasi (IDN Times/Melani Indra Hapsari)

Di Pilkada Barru 2020, KPU setempat menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) berisi 130.289 orang. Pemilih terbagi menjadi 62.525 laki-laki dan 67.764 perempuan.

Pemilih berasal dari 55 Desa/Kelurahan dan tersebar di 449 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tujuh kecamatan.

Baca Juga: Pilkada Barru, Aska Mappe Gantikan Andi Riogi yang Tersangkut Narkoba

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya