Real Count: Andi Utta-Edy Manaf Menangi Pilkada Bulukumba

Calon petahana gagal meraih suara terbanyak

Makassar, IDN Times – KPU merampungkan Hitung Suara alias real count Pilkada Bulukumba 2020 pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Hasilnya, pasangan calon nomor urut 4, Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf meraih suara terbanyak dengan perolehan 39,2 persen dari total suara sah.

Menurut pantauan pada Selasa (15/12/2020) siang, real count sudah selesai 100 persen pada 830 tempat pemungutan suara (TPS) se-Bulukumba.

Real count dihimpun dari foto hasil penghitungan suara dari seluruh TPS. Tapi ini sifatnya cuma alat pembanding atau alat bantu, sebab pemenang pilkada ditentukan lewat rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di KPU setempat.

Baca Juga: Update Sirekap Pilkada 2020 di Selayar, Bulukumba, Gowa dan Makassar

1. Andi Utta-Edy Manaf unggul 10,6 persen

Real Count: Andi Utta-Edy Manaf Menangi Pilkada BulukumbaFacebook/Muchtar Ali Yusuf

Menurut data real count, pasangan nomor 4 Andi Utta-Edy Manaf meraih 92.978 suara atau menang dengan perolehan 39,2 persen suara. Mereka disusul paslon Askar HL-Arum Spink dengan perolehan 57.855 suara atau 28,6 persen.

Selanjutnya, paslon Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau meraih 63.672 suara atau 26,9 persen, dan Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati mendapat 12.517 suara atau 5,3 persen.

Sebelumnya, melalui akun resminya di Facebook, Andi Utta menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bulukumba yang sudah mendukungnya di pilkada. 

"Insyaallah, Kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama, kemenangan kita semua.
Mari bersinergi dan tetap fokus dalam mengawal kemenangan Harapan Baru Bulukumba," dia menulis pada Rabu 9 Desember 2020.

2. Paslon nomor 4 mendominasi di tujuh kecamatan

Real Count: Andi Utta-Edy Manaf Menangi Pilkada Bulukumbapilkada2020.kpu.go.id

Andi Utta-Edy Manaf tercatat menang di tujuh dari sepuluh kecamatan di Bulukumba. Masing-masing, Ujung Bulu, Bonto Bahari, Bonto Tiro, Herlang, Kajang, Bulukumpa, dan Rilauale.

Perolehan suara mereka cuma kalah di Kecamatan Gantarang, Kindang, dan Ujungloe. Di Gantarang dan Kindang, suara terbanyak diperoleh Askar HL-Arum Spink, sedangkan suara terbanyak di Ujungloe dipegang Tomy-Makkasau.

3. Rekapitulasi masih berlangsung

Real Count: Andi Utta-Edy Manaf Menangi Pilkada BulukumbaIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Hingga berita dihimpun, KPU Bulukumba masih menggelar rekapitulasi resmi lewat rapat pleno terbuka. Di Sirekap, semua data rekapitulasi tingkat kecamatan sudah masuk kecuali Kajang.

Pilkada Bulukumba diikuti empat paslon. Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati didukung tiga partai politik, yaitu Golkar, Demokrat, dan Hanura. Askar HL-Arum Spink didukung PPP dan NasDem. Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau didukung PDIP, PKB dan PBB. Sedankgan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf diusung Gerindra, PAN, dan PKS.

Tomy Satria merupakan petahana, yang saat ini menjabat Wakil Bupati Bulukumba. Sedangkan Bupati saat ini, Andi Sukri M Andi Sappewali sudah menjabat selama dua periode.

Baca Juga: Pilkada Bulukumba Termasuk Rawan Politik Uang, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya