Rawan Bencana, Pemda Lutra Hibahkan Lahan untuk Basarnas

Disiapkan untuk pembangunan kantor unit SAR

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kabuten Luwu Utara menghibahkan sebidang tanah untuk Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar. Naskah hibah ditandatangani Bupati Lutra Indah Putri Indriani dan Kepala Basarnas Makassar Mexianus Bekabel, Rabu (21/2/2024).

Bupati Indah mengatakan, tanah hibah direncanakan untuk pembangunan Kantor SAR di Luwu Utara. Tanah hibah seluas 3.600 meter persegi terletak di kawasan terminal Pasar Sentral Masamba.

Indah menyebut, Luwu Utara sebagai salah satu kabupaten yang rawan bencana di Sulawesi Selatan sangat mendukung upaya pembangunan kantor Basarnas. Sebab itu terkait upaya dengan pencarian dan penyelamatan.

"Dukungan ini salah satu bentuk upaya pemda dalam hal mitigasi bencana, sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan tentu diharapkan dapat meningkatkan indeks kapasitas daerah dan indeks kapasitas masyarakat dalam mitigasi bencana," kata Indah, istri Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi.

Untuk mendorong percepatan pembangunan, Indah menyatakan akan mematangkan sertifikat hibah tanah dalam waktu dekat. "Sertifikat hibah tanah untuk pembagunan kantor Basarnas saat ini telah berproses di BPN, sehingga kita berharap terjadi percepatan. Tujuannya memperkuat hadirnya Basarnas di Luwu Utara," ucap bupati dua periode tersebut.

Sementara, Kepala Basarnas Makassar Mexianus menyampaikan bahwa pihaknya segera mengusulkan ke Basarnas untuk segera membangun kantor di Luwu Utara.

"Hibah lahan ini sebagai dasar pengajuan ke pusat. Namun tahapannya berproses. Saat ini statusnya unit kemudian naik menjadi pos, baru akhirnya menjadi kantor," ucapnya.

Baca Juga: Basarnas Makassar Evakuasi Kru Kapal Asing Kecelakaan Kerja di Laut

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya