Polda Sulsel Catat 347 Ribu Pelanggaran Lalu Lintas Terekam ETLE

Selama 14 hari Operasi Keselamatan Pallawa 2024

Makassar, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan mencatat 347 ribu lebih pelanggaran lalu lintas terekam kamera tilang atau ETLE, selama Operasi Keselamatan Pallawa 2024. Operasi digelar selama 14 hari, dan berakhir 17 Maret 2024.\

"Hasil pendataan dari berbagai daerah, secara umum untuk pelanggaran lalu lintas yang terekam melalui electronic traffic law enforcement itu sebanyak 347.191 pelanggaran," kata Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes Pol I Made Agus Prasatya dilansir Antara, Rabu (20/3/2024).

Agus mengatakan, selama operasi, situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dalam keadaan terkendali. Situasi lalu lintas tidak terjadi kemacetan serius, sasaran dan target yang ditetapkan dalam pelaksanaan operasi pun dapat ditangani dengan baik sehingga memberikan hasil yang positif.

"Untuk Ops Keselamatan Pallawa 2024 ini berjalan sukses dan lancar. Sasaran dan target kita juga tercapai semua," katanya.

Kombes I Made Agus menyebut selama pelaksanaan operasi itu tercatat ada 154.159 kegiatan penyuluhan baik melalui media cetak, elektronik termasuk melalui
media sosial. Penyebaran informasi mengenai operasi keselamatan diterima cukup efektif oleh masyarakat, sehingga tingkat pelanggaran juga berkurang.

Ia menyebut, selama masa itu tercatat jumlah kecelakaan sebanyak 125 Kasus. Jumlah korban 18 orang meninggal dunia, 19 orang luka berat, 146 korban luka ringan dan
dengan kerugian material sejumlah Rp250.300.000.


Selain itu, ia menyatakan jika optimalisasi penegakan hukum (Gakkum) melalui ETLE dan tindakan teguran ini sesuai dengan petunjuk operasi dan telah disampaikan ke jajaran satuan lalu lintas.

"Untuk teguran terhadap pelanggaran yang di luar prioritas penindakan dalam operasi ini telah dilakukan sebanyak 10.335 tindakan kepada pelanggar," ucapnya.

Baca Juga: Freestyle Motor di Depan Kamera ETLE, Dua Pemuda Makassar Ditangkap

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya