PLN Punagaya dan BPVP Bantaeng Dorong Produktivitas UKM

UPK Punagaya fasilitasi pelatihan peningkatan produktivitas

Makassar, IDN Times - PLN Nusantara Power (NP) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Punagaya menggelar pelatihan peningkatan produktivitas bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), di Aula Boiler Kantor UPK Punagaya, Jeneponto, 22 hingga 26 April 2024. Pelatihan merupakan kerja sama PLN NP UPK Punagaya dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bantaeng dan Balai Latihan Kerja (BLK) Jeneponto.

Manager PLN NP UPK Punagaya Tri Pria Nugraha hadir membuka kegiatan pengembangan UMK binaan perusahaan tersebut, Senin (22/4/2024). Dalam sambutannya, ia menyebut ada enam UKM binaan PLN NP UPK Punagaya yang terus didampingi agar kelak mandiri dan menunjang perekonomian daerah.

Adapun enam UKM itu yakni UKM Menjahit, UKM Rumput Laut, UKM Bengkel Nusantara Power Punagaya, UKM Cahaya Mallasoro, UKM Cahaya Kawaka, dan UKM Bank Sampah.

"Keenam UKM binaan ini akan terus kami berdayakan, yang mana diharapkan akan menjadi UKM yang mandiri dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, utamanya di ring satu PLTU Punagaya," kata Tri Pria Nugraha, dalam keterangan persnya, Senin.

Kepala BPVP Bantaeng, Ashari Arifuddin, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan peningkatan produktivitas. Tidak sekadar memberikan bantuan pelatihan, BPVP Bantaeng juga siap menjembatani kebutuhan peserta pasca-pelatihan.

"Kami akan bantu menghubungi lembaga-lembaga pemerintah yang dapat menunjang pengembangan UKM," tuturnya.

Kolaborasi PLN NP UPK Punagaya dan BPVP Bantaeng telah lama terjalin. Sebelumnya, kedua institusi ini juga melaksanakan penandatanganan kerja sama alias memorandum of understanding (MoU) di Aula Jetty Kantor PLN UPK Punagaya pada awal tahun ini.

Kerja sama yang dijalin berupa pemberian program pelatihan pengelasan bagi pekerja teknik di PLTU Punagaya yang nantinya akan tersertifikasi. Lewat kerja sama tersebut, semua pekerja teknik di PLTU Punagaya dapat tersertifikasi seiring upaya meningkatkan kualitas SDM.

Baca Juga: PLN NP UPK Punagaya Dorong Semua Tenaga Teknik Tersertifikasi

Baca Juga: PLTU Punagaya Diganjar Proper Hijau, Pertama di Sulawesi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya