Pj Gubernur Tembus Desa Terisolir Akibat Longsor di Luwu

Bahtiar berkeliling menemui warga terdampak longsor

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin bersama Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Brigjen TNI (Mar) Andi Rahmat M, menembus titik longsor di Desa Kadundung, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Kamis (9/5/2024). Desa itu terisolir usai akses jalan tertumbun material longsor pada pekan lalu.

Kunjungan Pj Gubernur dan rombongan ke Desa Kadundung untuk memastikan ketersediaan bahan pangan warga korban bencana, sekaligus untuk melihat langsung kondisi mereka. Bersama Bahtiar dan Brigjen Andi Rahmat, ikut serta rombongan mobil offroad lainnya yang membawa bahan makanan seperti beras dan mie instan.

Untuk sampai ke Desa Kadundung tidaklah mudah. Dari Desa Sarundeng, titik kunjungan Pj Gubernur Bahtiar sebelumnya, menuju Desa Kadundung, terdapat sejumlah titik longsor. Meski sehari sebelumnya dinyatakan bersih, namun karena hujan deras semalam sehingga sejumlah ruas jalan kembali tertimbun tanah longsor.

Sambil menunggu akses darat tersebut dibersihkan, Pj Gubernur Bahtiar bersama Brigjen Andi Rahmat menemui warga yang rumahnya berada di tepi sungai, dan nyaris disapu air bah. Dalam perjalanan menuju Desa Kadundung, Bahtiar beberapa kali mampir dan menghampiri warga. Termasuk saat melihat satu rumah kosong, Bahtiar singgah dan menanyakan siapa dan kemana pemilik rumah tersebut.

Beberapa warga yang berjalan kaki dan bergerombol, juga disapa Pj Gubernur Bahtiar. "Sabar ki di, jangan ki panik. Kami pemerintah selalu hadir," pesan Bahtiar.

Saat Bahtiar sampai ke pintu masuk Desa Kadundung, terlihat tulisan Posko Kemanusiaan. Dia kemudian turun dan menanyakan hal-hal detail. Seperti bagaimana kondisi relawan, bantuan dan jumlah sisa bahan makanan.

Bahtiar lalu memanggil Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, untuk berkoordinasi dengan posko induk, dan mendistribusikan bahan pangan, begitu mendapat laporan jika persediaan sudah menipis.

Bahtiar tiba di Posko Induk Kadundung satu jam setelah start dari Posko Induk Belopa. Di lokasi yang jembatannya putus tersebut, Bahtiar menyaksikan relawan menyeberangkan bantuan menggunakan tali. Sempat sekali Bahtiar mencobanya, lalu menyebrang sungai yang airnya deras.

Di seberang sungai, Bahtiar mendengar banyak curhatan warga, kepala desa dan relawan di bawah tenda milik warga. Di sini Bahtiar mencatat keluhan warga terdampak banjir serta berjanji akan sesegera mungkin menyalurkan bantuan beras dan bahan makanan lainnya.

Baca Juga: Bahtiar: Salah Satu Cara Tangani Bencana di Sulsel adalah Doa Bersama

Baca Juga: 16 Desa di Luwu Sulsel Masih Terisolasi usai Banjir dan Longsor

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya