Pilkada Makassar, Deng Ical Klaim Dukungan Empat Parpol

Soal nama parpol, dia belum mau menyebutkan

Makassar, IDN Times - Wakil Wali Kota Makassar 2014-2019 Syamsu Rizal kian optimistis menatap pemilihan kepala daerah tahun 2020. Dia percaya diri mendapatkan dukungan partai politik untuk mencalonkan diri sebagai calon wali kota periode 2021-2026.

Deng Ical -sapaan Rizal- mengklaim didukung parpol karena hasil surveinya untuk pilkada menunjukkan tren positif. Menurutnya, popularitas dan elektabilitasnya lebih baik dibandingkan kandidat lain.

Di bursa kandidat, Deng Ical bersaing dengan eks Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, bos PSM Makassar Munafri Arifuddin, dan tokoh populer lain.

"Soal popularitas dan elektabilitas, saya punya kedua-duanya. Jadi wajar saya optimis," kata Ical usai mengikuti uji kompetensi bakal calon kepala daerah Partai Golkar Sulawesi Selatan di Makassar, Senin (23/12).

1. Ada empat parpol yang diklaim mendukung

Pilkada Makassar, Deng Ical Klaim Dukungan Empat ParpolKandidat wali kota Makassar Syamsu Rizal. IDN Times/Aan Pranata

Deng Ical menuju pertarungan di Pilkada Makassar sebagai kader Golkar. Namun partainya hingga kini masih memproses penjaringan sejumlah kandidat. Ical sendiri mengaku sudah memperoleh dukungan dari empat parpol.

Ical menolak menyebutkan parpol yang dimaksud. Dia berdalih masih menunggu hasil survei lanjutan yang berjalan hingga akhir Januari 2020.

"Nanti saya umumkan survei di akhir Januari, baru orang tahu. Bakal calon wakil juga belum ada, nanti dilihat hasil survei, yang diinginkan masyarakat," ucap Ical.

2. Hasil survei disimpan sebagai bahan strategi

Pilkada Makassar, Deng Ical Klaim Dukungan Empat ParpolIDN Times/Arief Rahmat

Meski mengklaim tren positif, selama ini Deng Ical belum pernah mengumumkan hasil surveinya ke publik. Dia menyatakan itu sengaja dilakukan karena survei yang berjalan selama ini untuk kepentingan internal tim pemenangan.

Ical mengaku membutuhkan hasil survei sebagai bahan asesmen diri. Dari sana dia bisa melihat posisinya di peta politik, serta mempersiapkan kebijakan dan strategi pencalonan di pilkada.

"Jadi saya memang tidak pernah merilis hasil survei. Kalau survei orang lain yang beredar, mungkin ada kepentingan tertentu," katanya.

Baca Juga: Berburu Tiket Pilkada Makassar, Deng Ical Andalkan Elektabilitas  

3. Deng Ical tawarkan konsep partisipasi publik

Pilkada Makassar, Deng Ical Klaim Dukungan Empat ParpolIndpolace/Zakila

DPD Partai Golkar Sulsel menggelar uji kompetensi terhadap bakal calon kepala daerah yang masuk tahap penjaringan di 12 kabupaten/kota. Setiap kandidat dihadapkan dengan tim pakar yang berasal dari perguruan tinggi.

Deng Ical sebagai kandidat pertama yang mengikuti uji kompetensi, mengaku ditanyai seputar rencana visi-misi dan program jika terpilih. Kepada tim pakar, dia mengungkapkan konsep pembangunan dengan melibatkan partisipasi publik.

Menurut Ical, perekonomian Kota Makassar terbukti tidak bisa mengandalkan semata APBD. Selama ini rasio produk domestik regional bruto (PDRB) Makassar didominasi peranan sektor swasta maupun masyarakat umum.

"Harus ada konsep pelibatan partisipasi masyarakat yang optimal. Itu yang mesti dijaga dan dibuat salurannya. Tidak boleh ada orang Makassar yang merasa tidak dilibatkan," Ical menerangkan.

Baca Juga: Pernah Gagal, Cicu Tika Pikir-pikir Maju Lagi di Pilkada Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya