Pesawat Sempat Terbakar, Jemaah Haji Kloter 5 Tiba Kembali di Makassar

Kloter 5 membawa 450 anggota jemaah asal Kabupaten Gowa

Makassar, IDN Times - Jemaah haji kloter 5 Debarkasi Makassar tiba dari Arab Saudi, Kamis (27/6/2024). Pesawat Garuda Indonesia GIA 1204 mengangkut 450 orang mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, pukul 11.52 Wita.

Kloter 5 tiba kembali di Tanah Air, usai menjalani rangkaian ibadah haji. Sebelumnya, kloter ini sempat mengalami insiden saat berangkat dari Makassar, 15 Mei 2024 lalu. Saat itu, pesawat Garuda GIA 1105 yang mengangkut mereka mengalami kebakaran salah satu mesin. Tidak ada korban dalam kejadian itu, tapi pemberangkatan jemaah haji sempat tertunda.

“Atas nama PPIH Debarkasi Makassar mengucapkan selamat datang kembali di tanah air. Mari kita bersyukur atas nikmat yang Allah berikan sehingga jemaah kloter 5 ini kembali utuh,” kata Kepala Bidang Penerimaan Jemaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar, Wahyuddin Hakim pada prosesi penerimaan kloter 5 di Asrama Haji Makassar, Kamis.

Baca Juga: Detik-detik Pesawat Garuda Jemaah Haji Terbakar, Penumpang Hening!

1. Jemaah tidak trauma dengan kejadian saat berangkat

Pesawat Sempat Terbakar, Jemaah Haji Kloter 5 Tiba Kembali di MakassarPercikan api tampak dari mesin Pesawat Garuda Indonesia rute Makassar-Madinah, Rabu (15/5/2024)/Istimewa

Kloter 5 beranggotakan jemaah haji asal Kabupaten Gowa. Insiden terbakarnya mesin pesawat yang mengangkut mereka saat berangkat tidak menyisakan trauma bagi anggota jemaah.

Pembimbing ibadah yang mendampingi kloter 5, Zulkifly Hijas mengatakan, jemaah sudah mengikhlaskan insiden saat keberangkatan. Kata dia, jemaah juga puas dengan pelayanan selama menjalankan ibadah haji.

“Kejadian waktu itu bukan ujian, tapi itu jamuannya Allah, itulah jamuannya Allah kepada saya, kepada kloter 5. Tidak ada trauma. Malah sampai di Madinah jemaah angkat jempol padahal baru saja mengalami musibah,” kata Zulkifly.

2. Jemaah tidak menyinggung soal pesawat saat pulang

Pesawat Sempat Terbakar, Jemaah Haji Kloter 5 Tiba Kembali di MakassarJemaah haji asal Makassar melakukan sujud syukur saat tiba di Madinah, Kamis (16/5/2024). Dokumentasi Media Center Haji

Zul mengatakan, salah satu bukti jemaah tidak trauma adalah tidak ada yang menyinggung soal pesawat saat akan kembali ke Tanah Air. Dia mengatakan, tidak satu pun anggota jemaah yang bertanya apakah kloter 5 akan dipulangkan dengan pesawat yang sama.

“Waktu mau pulang tidak ada jemaah yang bertanya apakah pesawat yang dipakai dulu, itu lagi yang akan dipakai. Alhamdulilah jemaah kloter 5 kembali utuh,” ujar Kepala UPT Asrama Haji Makassar ini.

3. Jemaah haji diharapkan jadi teladan

Pesawat Sempat Terbakar, Jemaah Haji Kloter 5 Tiba Kembali di MakassarJemaah haji kloter 15 Embarkasi Makassar mengenakan pakaian ihram sejak jelang keberangkatan ke Arab Saudi, Kamis malam (25/4/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Kepulangan kloter 5 ditandai seremoni penyerahan jemaah haji dari PPIH Debarkasi Makassar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. Wahyuddin Hakim, dalam pidatonya, mengatakan ibadah haji diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan jemaah kepada Allah SWT. Orang yang menjalani ibadah haji juga diharapkan semakin memiliki kepedulian sosial.

“Diharapkan setelah berhaji, jemaah semakin peduli pada persoalan sosial dan kemanusiaan, dan menjadi contoh dan teladan di tengah masyarakat,” kata dia.

Baca Juga: Gak Kapok, Garuda Kembali Telat Jemput Jemaah Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya