Pertamina Jamin Ketersediaan Avtur Penerbangan Haji dari Makassar

Sebanyak 9.120 kiloliter avtur disiapkan

Makassar, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menjamin pasokan avtur untuk mendukung penerbangan haji dari dan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Penerbangan haji berlangsung dari 12 Mei hingga 22 Juli 2024.

Kesiapan itu disampaikan Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw. “Kami telah menyiapkan sebanyak 9.120 Kilo Liter avtur, yang akan disalurkan dalam dua fase, fase pertama menunjang keberangkatan dari tanggal 12 Mei sampai 9 Juni, dan fase kedua dari tanggal 22 Juni hingga 21 Juli 2024,” katanya dalam keterangan pers yang dikutip, Jumat (17/5/2024).

Fahrougi menyebut terdapat peningkatan kebutuhan avtur sebesar 17 persen dibanding tahun lalu, seiring dengan pengoperasian penerbangan langsung dari Makassar ke Madinah dan Jeddah. Sebanyak 38 kloter jemaah haji akan diberangkatkan, menggunakan pesawat Garuda jenis Boeing B747 untuk kedua fase tersebut.

Region Manager Corporate, Operation, & Services Sulawesi, Wisnu Fajar Baskoro, menekankan kesiapan infrastruktur Pertamina Patra Niaga. Pihaknya mengoptimalkan fasilitas di Aviation Fuel Terminal (AFT) Sultan Hasanuddin termasuk 10 unit truk refueller, 4 tangki penyimpanan berkapasitas total 9.200 KL, dan tenaga kerja yang kompeten serta tersertifikasi untuk memastikan operasional penerbangan haji berjalan lancar.

"Operasi kami berjalan 24 jam setiap hari dengan sistem shift empat regu, memastikan semua pekerja kami dalam kondisi prima," ucapnya.

Sebagai bagian dari persiapan layanan avtur, AFT Hasanuddin telah berkoordinasi dengan berbagai stakeholder di bandara. Selain itu, telah diadakan doa bersama sebelum penerbangan perdana, yang dihadiri oleh tokoh agama setempat. Wisnu menambahkan, “Kami berdoa agar ibadah haji tahun ini berjalan lancar, dan kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji, khususnya mereka yang berangkat dari Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Baca Juga: Berangkat 12 Mei, Ini Rencana Perjalanan Haji di Embarkasi Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya